Detail Cantuman

Pengaruh metod pembelajaran Tikrar terhadap kemampuan menghafal peserta didik pada mata pelajaran Tahfidz Qur'an MA Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang

Pengaruh metod pembelajaran Tikrar terhadap kemampuan menghafal peserta didik pada mata pelajaran Tahfidz Qur'an MA Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang


Penelitian ini dilakukan di MA Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang,
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan ada tidaknya
pengaruh metode pembelajaran tikrar terhadap kemampuan menghafal peserta
didik pada mata pelajaran tahfidz Qur’an di MA Tarbiyah Islamiyah Kota
Tangerang. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel dari 134 populasi kelas X
dan XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian lapangan, dalam pengumpulan data menggunakan jenis penelitian
kuantitatif, menggunakan pendekatan deskriptif dan teknik pengambilan sampel
menggunakan random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan angket
(Quisioner) dimana untuk variabel X sebanyak 15 item pernyataan dan variabel Y
masing-masing 15 item pernyataan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh
reliabilitas terdapat pengaruh metode pembelajaran tikrar terhadap kemampuan
menghafal peserta didik dibuktikan dengan perhitungan koefisien determinasi
sebanyak 31,73% yang berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran tikrar
terhadap kemampuan menghafal peserta didik pada mata pelajaran tahfidz Qur’an
di MA Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Dengan pembuktian bahwa t hitung
lebih besar dari t tabel (6,709 ≥ 1,98447). Dengan demikian Ha yang menyatakan
pengaruh metode pembelajaran tikrar terhadap kemampuan menghafal peserta
didik pada mata pelajaran tahfidz Qur’an kelas X dan XI MA Tarbiyah Islamiyah
Kota Tangerang diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa
terdapat pengaruh antara metode pembelajaran tikrar terhadap kemampuan
menghafal peserta didik pada mata pelajaran tahfidz Qur’an kelas X dan XI MA
Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rosikhatul Baroroh 1903020115
Pengarang Rosikhatul Baroroh - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Asep Rahmatullah - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Ainul Azhari - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2311501 ROS p
Subyek Pembelajaran
Al-Qur'an
Kemampuan
metode
Menghafal
Tirkar
l-Qur
Klasifikasi AI2311501
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xix + 168 hlm,; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 :Ahmad Haromaini 0411078204 / Pembimbing 2 : Asep Rahmatullah 0421028903 / Penguji 1 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 2 :Ainul Azhari 0410079401/ Penguji 3 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id