Pengaruh kemampuan membaca Al-qur'an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 16 Jakarta
Kemampuan membaca Al-Qur'an memiliki banyak nilai dan manfaat dalam
kehidupan seorang Muslim. Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat Islam dan
dianggap sebagai sumber ajaran, petunjuk, dan pedoman hidup yang datang
langsung dari Allah SWT kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW, Oleh
karena itu, memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an tidak hanya penting secara
rohaniah, tetapi juga memiliki implikasi yang mendalam dalam membentuk
karakter, moralitas, dan pandangan hidup seseorang. Bagi umat Islam, membaca
dan memahami Al-Qur'an adalah suatu kewajiban serta cara untuk mencapai
kebahagiaan dunia dan akhirat.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap
hasil belajar peserta didik mata pelajaran Qur’an Hadits Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) 16 Jakarta, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan
membaca Al-Qur’an dengan fasih dan lancar terhadap hasil belajar peserta didik
mata pelajaran Qur’an Hadits Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 16 Jakarta..
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah rumus “r” spearman dengan menggunakan
perhitungan statistik. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket (kuesioner) dan observasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar 144
peserta didik kelas XI (sebelas). Dan ukuran sampel yang diambil dihitung
menggunakan rumus Issac dan Michael dan mendapatkan hasil 105 responden
dari jumlah 144 populasi.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat
pengaruh yang kuat sekali antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil
belajar peserta didik mata Pelajaran Qur’an Hadits hasil r spearman 0,995. (2)
terdapat pengaruh Kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Mata Pelajaran Qur’an Hadits dengan bukti hasil perhitungan uji t
hitung 102,543461877 > t hitung 1,98326 dan hasil koefisien determinasi sebesar
99,1 % untuk 0,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ahmad Fauzi 1903020068 |
Pengarang |
AHMAD FAUZI - Personal Name M. Asep Rahmatullah - Personal Name Karmawan - Personal Name Siti Nurislamiah - Personal Name Nur Halimah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2306801 AHM p |
Subyek |
Hasil Belajar Kemampuan Membaca Al-qur'an Mata Pelajaran Qur'an hadits
|
Klasifikasi |
AI2306801 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xix + 118 hlm, ;29 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Karmawan 203037001 / Pembimbing 2 : M. Asep Rahmatullah 0421028903 / Penguji 1 : Karmawan 203037001 / Penguji 2 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 3 : Siti Nurislamiah 0404039203 |