Detail Cantuman

Pengaruh kemampuan membaca Al-qur'an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 16 Jakarta

Pengaruh kemampuan membaca Al-qur'an terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 16 Jakarta


Kemampuan membaca Al-Qur'an memiliki banyak nilai dan manfaat dalam
kehidupan seorang Muslim. Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat Islam dan
dianggap sebagai sumber ajaran, petunjuk, dan pedoman hidup yang datang
langsung dari Allah SWT kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW, Oleh
karena itu, memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an tidak hanya penting secara
rohaniah, tetapi juga memiliki implikasi yang mendalam dalam membentuk
karakter, moralitas, dan pandangan hidup seseorang. Bagi umat Islam, membaca
dan memahami Al-Qur'an adalah suatu kewajiban serta cara untuk mencapai
kebahagiaan dunia dan akhirat.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap
hasil belajar peserta didik mata pelajaran Qur’an Hadits Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) 16 Jakarta, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan
membaca Al-Qur’an dengan fasih dan lancar terhadap hasil belajar peserta didik
mata pelajaran Qur’an Hadits Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 16 Jakarta..
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah rumus “r” spearman dengan menggunakan
perhitungan statistik. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket (kuesioner) dan observasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar 144
peserta didik kelas XI (sebelas). Dan ukuran sampel yang diambil dihitung
menggunakan rumus Issac dan Michael dan mendapatkan hasil 105 responden
dari jumlah 144 populasi.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat
pengaruh yang kuat sekali antara kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil
belajar peserta didik mata Pelajaran Qur’an Hadits hasil r spearman 0,995. (2)
terdapat pengaruh Kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Mata Pelajaran Qur’an Hadits dengan bukti hasil perhitungan uji t
hitung 102,543461877 > t hitung 1,98326 dan hasil koefisien determinasi sebesar
99,1 % untuk 0,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Ahmad Fauzi 1903020068
Pengarang AHMAD FAUZI - Personal Name
M. Asep Rahmatullah - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Siti Nurislamiah - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2306801 AHM p
Subyek Hasil Belajar
Kemampuan Membaca Al-qur'an
Mata Pelajaran Qur'an hadits
Klasifikasi AI2306801
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xix + 118 hlm, ;29 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 203037001 / Pembimbing 2 : M. Asep Rahmatullah 0421028903 / Penguji 1 : Karmawan 203037001 / Penguji 2 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 3 : Siti Nurislamiah 0404039203

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id