Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran
Mind Mapping berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Kota Tangerang, serta seberapa besar
pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kreativitas peserta didik
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Kota Tangerang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan
teknik kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan
deskriptif dan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling.
Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner).
Dalam penelitian ini populasi sebesar 120 peserta didik. Dan ukuran sampel yang
diambil 5% dari jumlah populasi, yaitu 92 peserta didik.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan variabel
terpisah menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05, nilai sebesar
46,74 melebihi nilai sebesar 1,98667, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian analisis koefisien determinasi yang diperoleh hasilnya sebesar
96,04% dan selebihnya 3,96% dipengaruhi oleh faktor lain dalam kreativitas
peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Mind Mapping terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Akidah
Akhlak kelas XI IPS di MAN 2 Kota Tangerang.
Detail Information