Detail Cantuman

Pengaruh model pembelajaran relating, experiencing, appying, cooperating, transfering, (react) terhadap kompetensi critical thinking peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI otkp dan akl di SMKN Kabupaten Tangerang

Pengaruh model pembelajaran relating, experiencing, appying, cooperating, transfering, (react) terhadap kompetensi critical thinking peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI otkp dan akl di SMKN Kabupaten Tangerang


Model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating,
Transferring (REACT) merupakan pembelajaran yang memfokuskan peserta
didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan model
pembelajaran REACT ini dapat meningkatkan kompetensi critical thinking
peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMKN 5 Kabupaten Tangerang,
penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring
(REACT) terhadap kompetensi critical thinking peserta didik kelas XI OTKP dan
AKL.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis
datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dengan
perhitungan manual. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket (kuesioner) dan observasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar 145
peserta didik, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 106 peserta didik.
Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh reliabilitas terdapat pengaruh model
pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring
(REACT) terhadap kompetensi critical thinking peserta didik pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Dengan pembuktian bahwa thitung lebih besar dari
ttabel (17,173 > 1,98304). Dengan demikian Ha yang menyatakan pengaruh
model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring
(REACT) terhadap kompetensi critical thinking peserta didik pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas XI OTKP dan AKL SMKN 5 Kabupaten
Tangerang diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat
pengaruh antara model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying,
Cooperating, Transferring (REACT) terhadap kompetensi critical thinking
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI OTKP dan
AKL di SMKN 5 Kabupaten Tangerang.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Nofi Fatmawati 1903020103
Pengarang Nofi fatmawati - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Aslihatul Rahmawati - Personal Name
Hasim - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REf AI2310301 NOF p
Subyek Critical Thinking
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran REACT
Klasifikasi AI2310301
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxii + 171 hlm, ;29 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Pembimbing 2 : Hasim 8875880018 / Penguji 1 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 2 : Aslihatul Rahmawati 0409059102 / Penguji 3 : Hasim 8875880018

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id