Pengaruh model pembelajaran kooperatif tife stad (Student teams achievement division) terhadap kemampuan penguasaan tajwid peserta didik kelas X dan XI pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Aliyah Tarbiyah Benda Kota Tangerang
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh
penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan Tajwid Peserta Didik
Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang.
Metode yang digunakan oleh peneliti menggunkan penelitian kuantitatif
yang mengambil populasi dari peserta didik Kelas X dan XI Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang dengan jumlah sampel 100 dari 134 populasi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket
(kuesioner) berdasarkan variabel X dan Y. Sedangkan rumus yang digunakan
adalah korelasi product moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa
terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan Tajwid Peserta Didik
Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang dengan koefisien korelasi sebesar 0,518 dan
koefisien determinasi sebesar 63%, diperoleh dengan taraf signifikansi 5% t hitung >
t tabel
yaitu -2,3836 > 0,1984. Dengan demikian hipotesis Ha yang menyatakan
bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student
Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan Tajwid Peserta
Didik Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang diterima, sedangkan hipotesis Ho yang
menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan
Tajwid Peserta Didik Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di
Madrasah Aliyah Tarbiyah Benda Kota Tangerang ditolak.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Rachmat Setiawan 1903020064 |
Pengarang |
Rachmat Setiawan - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name Asep Rahmatullah - Personal Name Karmawan - Personal Name Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name Rosbandi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2306401 RAC p |
Subyek |
Pembelajaran Tajwid Model STAD
|
Klasifikasi |
AI2306401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxii + 179 hlm, :30cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001, Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003, Penguji 1 : Karmawan 2003037001, Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204, Penguji 3 : Nur Halimah 0412029003 |