Detail Cantuman

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tife stad (Student teams achievement division) terhadap kemampuan penguasaan tajwid peserta didik kelas X dan XI pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Aliyah Tarbiyah Benda Kota Tangerang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tife stad (Student teams achievement division) terhadap kemampuan penguasaan tajwid peserta didik kelas X dan XI pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di Madrasah Aliyah Tarbiyah Benda Kota Tangerang


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh
penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan Tajwid Peserta Didik
Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang.
Metode yang digunakan oleh peneliti menggunkan penelitian kuantitatif
yang mengambil populasi dari peserta didik Kelas X dan XI Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang dengan jumlah sampel 100 dari 134 populasi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket
(kuesioner) berdasarkan variabel X dan Y. Sedangkan rumus yang digunakan
adalah korelasi product moment.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa
terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams
Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan Tajwid Peserta Didik
Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang dengan koefisien korelasi sebesar 0,518 dan
koefisien determinasi sebesar 63%, diperoleh dengan taraf signifikansi 5% t hitung >
t tabel
yaitu -2,3836 > 0,1984. Dengan demikian hipotesis Ha yang menyatakan
bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student
Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan Tajwid Peserta
Didik Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah
Tarbiyah Benda Kota Tangerang diterima, sedangkan hipotesis Ho yang
menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penguasaan
Tajwid Peserta Didik Kelas X dan XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di
Madrasah Aliyah Tarbiyah Benda Kota Tangerang ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Rachmat Setiawan 1903020064
Pengarang Rachmat Setiawan - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Asep Rahmatullah - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Rosbandi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2306401 RAC p
Subyek Pembelajaran
Tajwid
Model STAD
Klasifikasi AI2306401
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxii + 179 hlm, :30cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001, Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003, Penguji 1 : Karmawan 2003037001, Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204, Penguji 3 : Nur Halimah 0412029003

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id