Detail Cantuman

Pengruh model pembelajaran cotextual teaching and learning terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI DKV dan TKJ di SMKN 5 Kabupaten Tangerang

Pengruh model pembelajaran cotextual teaching and learning terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI DKV dan TKJ di SMKN 5 Kabupaten Tangerang


Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning adalah suatu model
pembelajaran yang mempunyai tujuan membantu peserta didik memahami arti di
dalam materi pelajaran dengan keadaan dalam kehidupan dunia nyata menyangkut
persoalan pribadi, sosial dan budaya mereka agar pembelajaran lebih mudah
dipahami dan lebih bermakna bagi kehidupannya. Proses pembelajaran kontekstual
lebih difokuskan pada peserta didik, tidak hanya penjelasan dari guru, sehingga
dalam kelas kontekstual peserta didik akan lebih aktif seperti bertanya,
mengemukan pendapatnya, dan menjawab pertanyaan serta mencari sumber
belajar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1)
Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual
Teaching And Learning terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI DKV dan TKJ di SMKN 5 Kabupaten
Tangerang. (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model
pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan seberapa besar pengaruhnya
terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam kelas XI DKV dan TKJ di SMKN 5 Kabupaten Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan kunatitatif yang bersifat regresi.teknik analisis datanya
menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana dengan perhitungan manual
dan SPSS. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket
(kuesioner) dan observasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik probability sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar
143 peserta didik, sedangkan dalam menentukan jumlah sampel dihitung
menggunakan rumus solvin dan mendapatkan hasil 106 responden.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: terdapat
pengaruh yang kuat sekali antara model pembelajaran Contextual Teaching And
Learning dengan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam. Dengan pembuktian hasil t hitung (35,02) ≥ t tabel (1,9830), untuk
tingkat kesalahan 5% dan hasil dari perhitungan korelasi spearman rank yaitu 0,96,
kemudian tingkatan pengaruhnya sebasar 92,16%. Hal ini menujukkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning
terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam kelas XI DKV dan TKJ di SMKN 5 Kabupaten Tangerang.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Yunia Puspita Sari 1903020025
Pengarang Yunia Puspita Sari - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Aslihatul Rahmawati - Personal Name
Hasim - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2302501 YUN p
Subyek Contextual Teaching Learning
Keaktifan
Metode pembelajaran
Klasifikasi AI2302501
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xviii + 167 hlm, :30cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Ahmad Haromaini 0411078204, Pembimbing 2 : Nur Halimah 0412029003, Penguji 1 : Ahmad Haromaini 0411078204, Penguji 2 : Hasim 8875880018, Penguji 3 : Aslihatul Rahmawati 0409059102

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id