Detail Cantuman

Pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP AL-Bayyinah Kota Tangerang

Pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP AL-Bayyinah Kota Tangerang


Strategi pembelajaran adalah cara yang dipilih untuk menyampaikan materi
pelajaran dalam lingkungan pengajaran meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan
yang dapat memberi pengalaman belajar kepada peserta didik. Strategi
pembelajaran active knowledge sharing ini merupakan sebuah strategi
pembelajaran yang memberikan penekanan kepada peserta didik untuk saling
membantu menjawab pertanyaan yang tidak diketahui oleh teman lainnya maka
materipun akan dapat tersampaikan dengan bantuan jawaban dari temannya.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes,
penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment adalah untuk
memperoleh atau mengumpulkan data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan
variabel yang menjadi pembahasan-pembahasan penelitian ( X dan Y). Sedangkan
instrumen penelitian ini menggunakan angket (kuesioner).
Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh reabilitas terdapat pengaruh
strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap keaktifan belajar peserta
didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al-Bayyinah
Tangerang, koefisien korelasi sebesar 0,44 dan koefisien determinasi sebesar 19%
yang artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing
terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam di SMP Al-Bayyinah Tangerang. Berdasarkan analisis data dengan taraf
signifikasi 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,011 > 2,682. Dengan demikian
hipotesis Ha yang menyatakan bahwa pengaruh strategi pembelajaran active
knowledge sharing terhadap kekatifan belajar pesereta didik pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Al-Bayyinah Tangerang diterima, sedangkan
hipotesis Ho menyatakan bahwa pengaruh strategi pembelajaran active knowledge
sharing terhadap kekatifan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Al-Bayyinah Tangerang ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Aulia Ridho 1703020100
Pengarang Aulia Ridho - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Nur Halimah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2310001 AUL p
Subyek Strategi
Knowledge
Keaktifan
Klasifikasi AI2310001
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxi + 111 hlm, ; 29 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001 / Pembimbing 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 1 : Karmawan 2003037001 / Penguji 2 : Nur Halimah 0412029003 / Penguji 3 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id