Pengaruh strategi pembelajaran contextual teaching learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas X & XI di Madrasah Aliyah Attahiyyah Cipondoh Kota Tangerang
Strategi pembelajaran contextual teaching learning merupakan sesuatu taktik
pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik. Hasil belajar
peserta didik pada hakikatnya dalam perubahan tingkah laris menjadi yang akan terjadi
belajar pada pengertian yang lebih luas meliputi bidang kognitif, afektif, serta
psikomotorik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran contextual teaching learning
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
kelas X & XI di Madrasah Aliyah Attahiyyah Cipondoh Kota Tangerang, (2) untuk
mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran AlQur’an Hadits kelas X & XI di Madrasah Aliyah Attahiyyah Cipondoh Kota Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan Metode Penelitian terkait erat dengan prosedur, teknik, instrumen, dan
desain penelitian yang digunakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah rumus product momen dengan menggunakan perhitungan statistik. Adapun
teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan observasi. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan saturation sampling. Dalam
penelitian ini populasi sebesar 69 peserta didik kelas X & XI. Dan ukuran sampel yang
diambil dihitung menggunakan rumus sampling jenuh dan mendapatkan hasil 69
responden dari jumlah 69 populasi. Dari Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang kuat sekali antara strategi pembelajaran
contextual teaching learning dengan perhitungan korelasi product momen yang diperoleh
hasilnya 0,095 (2) hasil belajar peserta didik dengan bukti hasil perhitungan uji t hitung
dan t tabel sebesar 0,783 > t tabel 0,095 dan hasil koefisisen determinasi sebasar 91%
untuk 9% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Detail Information