Peran guru fikih dalam mengatasi kesulitas belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTSN Kota Tangerang
Kesulitan belajar di sekolah tidak akan menjadi masalah jika guru yang
berada di sekolah tersebut memiliki keterampilan juga strategi yang menarik
dalam membuat konsep atau rancangan pembelajaran. Guru yang cakap dan
mumpuni tidak akan membuat peserta didik menjadi bosan bahkan tak jarang ada
peserta didik yang asyik sendiri di waktu jam pembelajaran berlangsung, Pendidik
juga akan menciptakan suasana kelas yang aktif serta kondusif.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah
untuk mengetahui seberapa besar hubungan peran guru fikih dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTSN 2 Kota
Tangerang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis
data menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dengan perhitungan
manual dan SPSS. Adapun Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket (kuesioner). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
Teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini populasi sebesar 129 peserta didik.
Dan ukuran sampel yang diambil adalah 97 peserta didik dengan menghitung
menggunkan rumus Isac.
Dari hasil penelitian sederhana ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut:
(1) Terdapat hubungan yang kuat antara peran guru fikih dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTSN 2 Kota
Tangerang. Hal ini bisa dibuktikan dengan perhitungan korelasi spearman rank
yang diperoleh hasil sebesar 0,76. (2) Antara peran guru fikih (Variabel X)
dengan mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran fikih (Variabel Y)
terdapat korelasi yang kuat, hal ini diperkuat dengan didapatnya thitung sebesar
9,051 lebih besar dari ttabel yaitu 1,9877. Dari hasil penelitian dengan koefisien
determinasi dapat diketahui bahwa peran guru fikih berpengaruh dalam mengatasi
kesulitan belajar pada mata pelajaran fikih 57,76% dan selebihnya 42,24%
dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lainnya.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Faizah Yasa 1903020105 |
Pengarang |
Faizah Yasa - Personal Name Karmawan - Personal Name Hasim - Personal Name Muhamad Mas'ud - Personal Name Ariesta Setyawati - Personal Name Asep Rahmatullah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2310501 FAI p |
Subyek |
Peran guru Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Fikih
|
Klasifikasi |
AI2310501 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxii + 149 hlm, :30cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001, Pembimbing 2 :Hasim 8875880018, Penguji 1 : Muhammad Mas'ud 0430108703, Penguji 2 : Ariesta Setyawati 0421079210, Penguji 3 : Asep Rahmatullah 0421028903 |