Detail Cantuman

Pengaruh guru tahfiz Al-Qur'an terhadap peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an (BTQ) peserta didik pada mata pelajaran tahfiz Al-Qur'an Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang

Pengaruh guru tahfiz Al-Qur'an terhadap peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an (BTQ) peserta didik pada mata pelajaran tahfiz Al-Qur'an Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang


Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah proses kegiatan pembelajaran tata cara
membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Guru yang mengajarkan
Baca Tulis Al-Qur’an sebenarnya mempunyai pengaruh penting di lingkungan
sekolah untuk mengembangkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an peserta didik.
Dengan adanya pengaruh seorang guru tersebut, diharapkan proses pembelajaran
Baca Tulis Al-Qur’an akan berjalan dengan efektif sehingga peserta didik mampu
memahami cara Baca Tulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah :
(1) untuk mengetahui pengaruh guru Tahfiz Al-Qur’an dalam meningkatkan
kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) peserta didik pada Mata Pelajaran Tahfiz
Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang (Variabel X).
(2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an
peserta didik pada Mata Pelajaran Tahfiz Al-Qur’an Madrasah Aliyah Tarbiyah
Islamiyah Kota Tangerang. (Variabel Y).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis
datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dengan perhitungan
manual. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket
(kuesioner) dan observasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar 134
peserta didik, sedangkan dalam menentukan jumlah sampel dihitung menggunakan
rumus Issac dan mendapatkan hasil 100 responden dari 134 jumlah populasi.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: terdapat
pengaruh yang kuat sekali antara guru Tahfiz Al-Qur’an dengan peningkatan
kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik pada mata pelajaran Tahfiz AlQur’an di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Dengan
pembuktian hasil thitung adalah 69,391 lebih besar dari ttabel yaitu 1,98447, untuk
tingkat kesalahan 5% dan hasil dari perhitungan korelasi spearman rank yaitu 0,99,
kemudian tingkatan pengaruhnya sebesar 98,01% adapun sisanya 1,99%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dengan
otimalnya pengaruh guru Tahfiz Al-Qur’an tersebut, sebagian besar peserta didik
mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di
Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Dalam penelitian ini,
keberadaan guru Tahfiz Al-Qur’an sangatlah berpengaruh hingga mencapai indeks
angka 98%.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Aghnathia Qatrunnada 1903020108
Pengarang Aghnathia Qatrunnada - Personal Name
Karmawan - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Aslihatul Rahmawati - Personal Name
Hasim - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2310801 AGH p
Subyek Pengaruh Guru
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an
Klasifikasi AI2310801
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xxiv + 208 hlm, :30cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001, Pembimbing 2 : Hasim 8875880018, Penguji 1 : Ahmad Haromaini 0411078204, Penguji 2 : Aslihatul Rahmawati 0409059102, Penguji 3 : Hasim 8875880018

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id