Pengaruh guru tahfiz Al-Qur'an terhadap peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur'an (BTQ) peserta didik pada mata pelajaran tahfiz Al-Qur'an Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang
Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah proses kegiatan pembelajaran tata cara
membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Guru yang mengajarkan
Baca Tulis Al-Qur’an sebenarnya mempunyai pengaruh penting di lingkungan
sekolah untuk mengembangkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an peserta didik.
Dengan adanya pengaruh seorang guru tersebut, diharapkan proses pembelajaran
Baca Tulis Al-Qur’an akan berjalan dengan efektif sehingga peserta didik mampu
memahami cara Baca Tulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah :
(1) untuk mengetahui pengaruh guru Tahfiz Al-Qur’an dalam meningkatkan
kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) peserta didik pada Mata Pelajaran Tahfiz
Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang (Variabel X).
(2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an
peserta didik pada Mata Pelajaran Tahfiz Al-Qur’an Madrasah Aliyah Tarbiyah
Islamiyah Kota Tangerang. (Variabel Y).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis
datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dengan perhitungan
manual. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket
(kuesioner) dan observasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini populasi sebesar 134
peserta didik, sedangkan dalam menentukan jumlah sampel dihitung menggunakan
rumus Issac dan mendapatkan hasil 100 responden dari 134 jumlah populasi.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: terdapat
pengaruh yang kuat sekali antara guru Tahfiz Al-Qur’an dengan peningkatan
kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik pada mata pelajaran Tahfiz AlQur’an di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Dengan
pembuktian hasil thitung adalah 69,391 lebih besar dari ttabel yaitu 1,98447, untuk
tingkat kesalahan 5% dan hasil dari perhitungan korelasi spearman rank yaitu 0,99,
kemudian tingkatan pengaruhnya sebesar 98,01% adapun sisanya 1,99%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Dengan
otimalnya pengaruh guru Tahfiz Al-Qur’an tersebut, sebagian besar peserta didik
mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di
Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kota Tangerang. Dalam penelitian ini,
keberadaan guru Tahfiz Al-Qur’an sangatlah berpengaruh hingga mencapai indeks
angka 98%.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Aghnathia Qatrunnada 1903020108 |
Pengarang |
Aghnathia Qatrunnada - Personal Name Karmawan - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name Aslihatul Rahmawati - Personal Name Hasim - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2310801 AGH p |
Subyek |
Pengaruh Guru Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an
|
Klasifikasi |
AI2310801 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxiv + 208 hlm, :30cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Karmawan 2003037001, Pembimbing 2 : Hasim 8875880018, Penguji 1 : Ahmad Haromaini 0411078204, Penguji 2 : Aslihatul Rahmawati 0409059102, Penguji 3 : Hasim 8875880018 |