Pengaruh metode drill terhadap motivasi menghafal santriwati pada ata pelajaran tafsir kelas VII DaArul Muttaqien2 Pasar kemis Kabupaten Tangerang
Salah satu mata pelajaran yang penting yang diajarkan di sekolah madrasah
tsanawiyah, aliyah dan pesantren adalah mata pelajaran Tafsir Al-Qur’anُyangُdiُ
dalamnya terdapat antara lain pembelajaran hafalan (tahfiz), tafsir, terjemah, asbab
al-nuzul, dan munasabah ayat. Dalam tulisan ini peneliti membahas tentang ragam
metode pembelajaran tafsir agar dapat diaplikasikan di madrasah dan pesantren.
Hal ini penting mengingat efektifitas suatu pembelajaran salah satunya dipengaruhi
oleh metode yang dipakai. Pemakaian metode yang dimaksud tentu harus
disesuaikan dengan masing-masing tujuan dari materi pembelajaran. Adapun
tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1) Untuk
mengetahui Apakah terdapat pengaruh metode drill terhadap motivasi menghafal
santriwati kelas VII pada mata pelajaran tafsir di Pondok Pesantren Modern Daarul
Muttaqien 2 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. (2) Untuk mengetahui bagaimana
pengaruh metode drill terhadap motivasi menghafal santriwati kelas VII pada mata
pelajaran tafsir di Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien 2 Pasar Kemis
Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
mengambil populasi dari Santriwati Pesantren Modern Daarul Muttaqien 2 Pasar
Kemis Tangerang. Dalam penelitian ini populasi sebesar 125 Santriwati. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dengam
menggunakan rumus isac untuk menentukan sampel yaitu 94 Santriwati. Metode
yang digunakan ialah dengan menyebarkan angket. Berdasarkan variabel X dan Y.
sedangkan rumus yang digunakan ialah korelasi product moment. Berdasarkan hasil
penelitian dengan hasil uji coba yang diperoleh reliabilitas yaitu terdapat pengaruh
metode drill terhadap motivasi menghafal santriwati dengan dibuktikan
perhitungan korelasi spearmean rank yang diperoleh hasilnya 0,96 dan kofisien
determinasi sebanyak 92,3% dan pembuktian bahwa t hitung lebih besar dari t table
(32,96 > 0,2028). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh metode drill terhadap
motivasi menghafal santriwati kelas VII pada mata pelajaran tafsir Pesantren
Modern Daarul Muttaqien 2 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Riska Chintya Anggraini 1903020074 |
Pengarang |
Riska Chintya Anggraini - Personal Name Ahmad Haromaini - Personal Name Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name M. Mas'ud - Personal Name Ariesta Setyawati - Personal Name Asep Rahmatullah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2307401 RIS p |
Subyek |
Motivasi metode Menghafal drill tafsir
|
Klasifikasi |
AI2307401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xxii + 126 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Pembimbing 2 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101 / Penguji 1 : Muhammad Mas’ud 0430108703 / Penguji 2 : Asep Rahmatullah 0421028903 / Penguji 3 : Ariesta Setyawati 0421079201 |