Detail Cantuman

Pengaruh metode pembelajaran tanya jawab terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 5 Kabupaten Tangerang

Pengaruh metode pembelajaran tanya jawab terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 5 Kabupaten Tangerang


Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah : (1) untuk
mengetahui pengaruh metode pembelajaran tanya jawab terhadap minat belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Kabupaten
Tangerang dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar minat belajar peserta didik
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Kabupaten Tangerang
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini tipe
desain penelitian yang digunakan yaitu survey research (penelitian survey). Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus “r” spearmean
dengan menggunakan angket (kuesioner) dam data observasi. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini
populasi sebesar 147 peserta didik di SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Dan ukuran
sampel yang diambil, dihitung menggunakan rumus isac dan mendapatkan 107
responden dari jumlah 147 populasi.
Dari hasil penelitian sederhana ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut :
(1) Terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Tanya Jawab Terhadap Minat Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 5
Kabupaten Tangerang. Hal ini telah dibuktikan dengan pengujian hipotesis yang
menggunakan (uji t). Hasil yang telah didapat t hitung adalah 27,00 dari t tabel
1,9830, dengan demikian t hitung ≥ t tabel dan (2) Metode Pembelajaran Tanya
Jawab mempunyai pengaruh yang sangat kuat mencapai angka 98,01% Terhadap
Minat Belajar Belajar Peserta Didik di SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Hal ini
telah dibuktikan dengan perhitungan korelasi spearman rank yang diperoleh
hasilnya 1,99%, dan jika diinterprestasikan ke dalam presentase dengan
menggunakan analisis koefisien determinasi yang diperoleh hasilnya adalah
98,01% dan selebihnya 1,99% dipengaruh oleh faktor dan variabel lain yang tidak
diteliti oleh peneliti


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Fidya Fadlyllah 1603020042
Pengarang Fidya Fadlyllah - Personal Name
Aslihatul Rahmawati - Personal Name
Siti Munawati - Personal Name
Ariesta Setyawati - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2304201 FID p
Subyek Belajar
Minat
metode
Pengajar
Indikator
Klasifikasi AI2304201
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xix + 135 hlm, ;30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Siti Munawati 0419087402 / Pembimbing 2 : Aslihatul Rahmawati 0409059102 / Penguji 1 : Siti Munawati 0419087402 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Ariesta Setyawati 0421079201

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id