Detail Cantuman

Pengaruh praktek profesi keguruan terpadu (PPKT) dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan agama islam fakultas agama islam universitas islam syekh-yusuf tangerang tahun akademik 2022-2023

Pengaruh praktek profesi keguruan terpadu (PPKT) dengan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan agama islam fakultas agama islam universitas islam syekh-yusuf tangerang tahun akademik 2022-2023


Praktik adalah pelaksanaan secara nyata apa yang disebut dalam teori;
Profesi adalah seseorang yang memperoleh penghasilan dari pengetahuan atau
pengalaman khusus mereka; Keguruan adalah hal yang berkaitan dengan menjadi
seorang guru; Terpadu menurut kbbi adalah sudah dipadu (disatukan, dilebur
menjadi satu, dsb). Praktik Profesi Keguruan Terpadu (PPKT) adalah sebuah
program yang di dalamnya terdapat pelatihan kependidikan. Dengan program
PPKT, diharapkan mahasiswa kependidikan Prodi PAI dapat mempersiapkan diri
untuk menjadi seorang guru berkompetensi. Kesiapan menjadi guru adalah suatu
keadaan dimana sesorang merasa siap dari segi fisik, mental, maupun emosional
untuk mengajar sebagai guru profesional, serta memiliki kompetensi yang sudah
dipersyaratkan agar dapat memenuhi segala tugas dan kewajiban dalam mengajar.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
kuantitatif deskriptif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan
rumus statistika regresi linear sederhana dengan perhitungan SPSS versi 25.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dengan populasi
sebesar 98 mahasiswa praktikan PPKT, pengambilan sampel menggunakan teknik
random sampling, dan diukur berdasarkan tabel Isaac dan Michael, yaitu sebesar
78 mahasiswa. Hasil penelitian bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) PPKT
berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UNIS Tangerang
dengan nilai signifikansi 0,000 < probabilitas 0,05; (2) Besarnya pengaruh PPKT
terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Agama Islam UNIS Tangerang sebesar 29,5% sedangkan 70,5%
kesiapan menjadi guru dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Dan dapat disimpulkan persamaan regresi sederahananya adalah Y =
18,96 + 0,5773 X.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Devita Septiriana 1903020056
Pengarang Devita Septiriana - Personal Name
Muhammad Mas'ud - Personal Name
Neni Nuraeni - Personal Name
Siti Munawati - Personal Name
Ahmad Haromaini - Personal Name
Faiz Fikri Al-Fahmi - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2305601 DEV p
Subyek Pendidikan
Guru
Program
Profesi
praktik
terpadu
Klasifikasi AI2305601
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xi + 93 hlm, ;30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Muhammad Mas’ud 0430108703 / Pembimbing 2 : Neni Nuraeni 8881460018 / Penguji 1 : Siti Munawati 0419087402 / Penguji 2 : Ahmad Haromaini 0411078204 / Penguji 3 : Faiz Fikri Al-Fahmi 0410089101

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id