Peningkatan prilaku sosial siswa melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran siswa kelas XI di SMAN 1 Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku sosial siswa melalui
Peningkatan Perilaku Sosial Siswa melalui Penerapan Klarifikasi Nilai dalam
Pembelajaran Siswa di SMAN 1 Tangerang. Peningkatan difokuskan pada empat
aspek nilai yaitu ketaatan beribadah, toleransi, kepedulian dan tanggung jawab.
Penelitian ini merupakan classroom action research (penelitian tindakan
kelas) yang dilaksanakan dalam III siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas
XI berjumlah 26 siswa. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas XI
sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai observer. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan analisis dokumen.
Analisis data dilakukan dengan secara kualitatif dengan teknik yang
dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses
pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan penerapan
teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan perilaku sosial siswa pada aspek nilai
ketaatan beribadah, toleransi, kepedulian dan tanggung jawab.Tindakan
pembelajaran dilakukan dengan mengklarifikasi nilai-nilai yang disesuaikan
dengan materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan, dengan menerapkan
model tanya jawab, cerita anak secara konstekstual, analisis kasus serta diskusi
kelompok untuk melatih kerjasama, saling menghargai dan memahami orang
lain. Peningkatan dapat diamati pada perilaku positif siswa dengan proporsi: 1)
ketaatan beribadah, siklus I 41.35 %, siklus II 50.48 % dan siklus III 71.15 %; 2)
toleransi, siklus I 39.90 %, siklus II 52.88 % dan siklus III 74.99%; 3)
kepedulian, siklus I 41.15 %, siklus II 50.38 %, dan siklus III 71.54 %; 4)
tanggung jawab, siklus I 38.46 %, siklus II 59.61 % dan siklus III 72.31 %.
Peningkatan perilaku siswa diimbangi dengan peningkatan hasil belajar siswa
pada setiap siklusnya, siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 62, siklus II
rata-rata 69 dan siklus III 77.5. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan siswa pada
kesungguhan dan tanggung jawab dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas
dari guru.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nurleila 2107010022 |
Pengarang |
Nurleila - Personal Name Dafyar Eliadi Hardian - Personal Name Edi Mulyadi - Personal Name Hardjito S. Darmojo - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF MIA2302213 NUR p |
Subyek |
perilaku sosial teknik klarifikasi nilai Pembelajaran PKn
|
Klasifikasi |
MIA2302213 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Program Pascasarjana / Magister Ilmu Administrasi |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiv + 121 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Dafyar Eliadi Hardian 0407115801 / Pembimbing 2 : Hardjito S. Darmojo 0414047006 / Penguji 1 : Dafyar Eliadi Hardian 0407115801 / Penguji 2 : Hardjito S. Darmojo 0414047006 / Penguji 3 : Edi Mulyadi 8852760018 |