Pengaruh motivasi belajar dan penugasan guru terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kota Tangerang
Penelitian ini menggunakan metode deskriftif korelasional. Popuslasi
penelitian adalah siswa siswi di SMA Negeri 6 Kota Tangerang. Instrumen
pengmoulan data untuk Motivasi Belajar (X1), Penugasan Guru (X2), dan
Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Y) menggunakan angka skal likert dengan 5
(lima) alternative jawaban.
Berdasarkan hasil perhitungan penelitian ini membuktikan bahwa secara
parsial variabel motivasi belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap
pemanfaatan perpustakaan sekolah dimana diperoleh nilai koefisien regresi
sebesar 0,339. Pada taraf signifikansi sebesar 5%, dapat diketahui t hitung sebesar
5,843 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 karena koefisien regresi mempunyai
nilai positif dan nilai signifikansi < 0,05, dimana motivasi belajar sangat
berperan penting dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah. Hasil penelitian
secara parsial variabel penugasan guru terdapat pengaruh positif tetapi tidak
signifikan terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah dimana diperoleh nilai
koefisien regresi sebesar 0,499 Pada taraf signifikansi sebesar 5%, dapat diketahui
t hitung sebesar 5,843 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 karena koefisien
regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi > 0,05. Hasil penelitian secara
simultan variabel motivasi belajar dan penugasan guru terhadap pemanfaatan
perpustakaan sekolah dimana Fhitung > Ftabel (433,126 > 3,089) dan signifikansi <
0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar
dan penugasan guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemanfaatan
perpustakaan sekolah.
Sedangkan nilai koefisien determinasi variabel bersama diperoleh adalah r
= 0,948 hubungan kuat, dan R Square adalah 0,899. Hal ini menunjukkan bahwa
89,9% motivasi belajar dan penugasan guru berpengaruh terhadap pemanfaatan
perpustakaan sekolah pada SMA Negeri 6 Kota Tangerang, sisanya sebanyak
11,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian
besarnya pengaruh motivasi belajar dan penugasan guru berpengaruh terhadap
pemanfaatan perpustakaan sekolah.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Lia Wachyuni |
Pengarang |
Lia Wachyuni - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK1802408 LIA p |
Subyek |
Motivasi Belajar Penugasan Guru Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah
|
Klasifikasi |
EK1802408 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
ix + 77 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|