Detail Cantuman

Pengaruh motivasi belajar dan penugasan guru terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kota Tangerang

Pengaruh motivasi belajar dan penugasan guru terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kota Tangerang


Penelitian ini menggunakan metode deskriftif korelasional. Popuslasi
penelitian adalah siswa siswi di SMA Negeri 6 Kota Tangerang. Instrumen
pengmoulan data untuk Motivasi Belajar (X1), Penugasan Guru (X2), dan
Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (Y) menggunakan angka skal likert dengan 5
(lima) alternative jawaban.
Berdasarkan hasil perhitungan penelitian ini membuktikan bahwa secara
parsial variabel motivasi belajar terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap
pemanfaatan perpustakaan sekolah dimana diperoleh nilai koefisien regresi
sebesar 0,339. Pada taraf signifikansi sebesar 5%, dapat diketahui t hitung sebesar
5,843 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 karena koefisien regresi mempunyai
nilai positif dan nilai signifikansi < 0,05, dimana motivasi belajar sangat
berperan penting dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah. Hasil penelitian
secara parsial variabel penugasan guru terdapat pengaruh positif tetapi tidak
signifikan terhadap pemanfaatan perpustakaan sekolah dimana diperoleh nilai
koefisien regresi sebesar 0,499 Pada taraf signifikansi sebesar 5%, dapat diketahui
t hitung sebesar 5,843 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 karena koefisien
regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi > 0,05. Hasil penelitian secara
simultan variabel motivasi belajar dan penugasan guru terhadap pemanfaatan
perpustakaan sekolah dimana Fhitung > Ftabel (433,126 > 3,089) dan signifikansi <
0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar
dan penugasan guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemanfaatan
perpustakaan sekolah.
Sedangkan nilai koefisien determinasi variabel bersama diperoleh adalah r
= 0,948 hubungan kuat, dan R Square adalah 0,899. Hal ini menunjukkan bahwa
89,9% motivasi belajar dan penugasan guru berpengaruh terhadap pemanfaatan
perpustakaan sekolah pada SMA Negeri 6 Kota Tangerang, sisanya sebanyak
11,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian
besarnya pengaruh motivasi belajar dan penugasan guru berpengaruh terhadap
pemanfaatan perpustakaan sekolah.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Lia Wachyuni
Pengarang Lia Wachyuni - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF EK1802408 LIA p
Subyek Motivasi Belajar
Penugasan Guru
Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah
Klasifikasi EK1802408
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik ix + 77 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id