Rancang bangun aplikasi sistem pelayanan jasa service motor berbasis web pada bengkel prass motor
Teknologi kini telah membantu banyak kegiatan masyarakat, termasuk komunikasi,
pemesanan barang, pemrosesan transaksi, dan aspek kehidupan sehari-hari lainnya.
Dalam industri otomotif, sistem pelayanan jasa service motor memiliki peran yang
sangat penting, terutama dalam menjaga performa dan keamanan kendaraan
bermotor. Pelayanan jasa service motor ini berkembang seiring meningkatnya
jumlah kendaraan bermotor dan kebutuhan masyarakat akan perawatan dan
perbaikan secara berkala. Bengkel Prass Motor adalah salah satu usaha milik
perorangan yang sudah cukup banyak memiliki pelanggan. Saat ini, Bengkel Prass
Motor masih menggunakan sistem konvensional, mulai dari proses pendataan
pelanggan, pencatatan data service masuk, dan bukti transaksi yang masih tercatat
di atas kertas (nota) dengan tulisan tangan. Hal ini mengakibatkan penyajian data
yang tidak efisien karena menyebabkan kesalahan yang sering terjadi seperti salah
mencatat keluhan pelanggan dan kesalahan dalam menghitung biaya service, yang
berdampak pada kinerja yang kurang optimal dan tidak efisien. Dalam penelitian
ini metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall serta
proses perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan
database MySQL. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggunakan
pengujian Black Box Testing dengan menggunakan bantuan Automation Testing
Tools Katalon dan Selenium IDE, pada aplikasi sistem pelayanan jasa service
berbasis web. Hasil pengujian adalah berhasil, dengan pengujian menggunakan
Katalon Studio menghasilkan keterangan tulisan hijau ‘passed’, dan pengujian
menggunakan Selenium IDE menghasilkan keterangan tulisan hijau ‘completed
successfully’ yang dapat diartikan seluruh pengujian yang telah dilakukan oleh
Katalon studio dan Selenium IDE berjalan dengan baik dan layak untuk digunakan.
Dengan dirancangnya Aplikasi Sistem Pelayanan Jasa Service ini dapat membantu
bengkel dalam proses pelayanan, mencatat semua transaksi secara akurat dan
terkomputerisasi, serta mempermudah pelanggan dalam melakukan reservasi
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Erika Novianti 1904030060 |
Pengarang |
Erika Novianti - Personal Name Mahmudin - Personal Name Vina Septiana Windyasari - Personal Name Sukisno - Personal Name Ahmad Syauqi - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF TI2306009 ERI r |
Subyek |
Pelayanan Reserfasi Service Sepeda Motor
|
Klasifikasi |
TI2306009 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Teknik / Teknik Informatika |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 57 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Sukisno 0406088203 / Pembimbing 2 : Mahmudin 0413048804 / Penguji 1 : Vina Septiana Windyasari 0410098606 / Penguji 2 : Ahmad Syauqi 0422068807 / Penguji 3 : Sukisno 0406088203 |