Implementasi algoritma C4.5 untuk mengetahui tingkat kepuasan pasienterhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas
Kepuasan pasien terhadap layanan yang diberikan oleh puskesmas salah satu hal penting dalam menentukan kualitas pelayanan yang diberikan oleh puskesmas kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas yang didasari dengan sembilan faktor yaitu Persyaratan Pelayanan (C1), Prosedur Pelayanan (C2), Waktu Pelayanan (C3), Biaya Pelayanan (C4), Hasil dan pelayanan (C5), Kemampuan Petugas (C6), Kesopanan dan Keramahan Petugas (C7), Maklumat Pelayanan (C8), Respon Tindak Lanjut Pengaduan (C9). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma C4.5, dengan sumber data menggunakan kuesioner yang diberikan pihak puskesmas kepada pasien di Puskesmas Pasar Kemis. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa jadi sumber informasi dan bahan masukan bagi pihak Puskesmas, untuk lebih meningkatkan tingkat kualitas pelayanan khususnya pada pelayanan rawat jalan. Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software R Studio untuk menghasilkan sebuah rules dan model decision tree. Hasil dari penelitian mendapatkan 3 rules atau aturan dengan tingkat akurasi sebesar 80.00%
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Syarip Ansori Rasyid 1904030059 |
Pengarang |
Syarip Ansori Rasyid - Personal Name Taufik Hidayat - Personal Name Asep Hardiyanto Nugroho - Personal Name Asri Nurhafsari - Personal Name Dadang Sujana - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF TI2305909 SYA i |
Subyek |
Pelayanan Kepuasan Pasien Data Mining algoritma C4.5
|
Klasifikasi |
TI2305909 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Teknik / Teknik Informatika |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 66 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Taufik Hidayat 0424047905 / Pembimbing 2 : Asri Nurhafsari 0410079002 / Penguji 1 : Asep Hardiyanto Nugroho 0401099002 / Penguji 2 : Dadang Sujana 0401017209 / Penguji 3 : Asri Nurhafsari 0410079002 |