Pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id sebagai media informasi dalam meningkatkan literasi digital (Studi kasus instagram @indonesiabaik.id fi Kominfo Jakarta pusat)
Fenomena hoax semakin marak di jejaring internet, dengan kemudahan media sosial informasi dapat dengan cepat tersebar melalui media sosial. Berita hoax mampu menimbulkan beragam opini masyarakat, kerancuan informasi hingga perpecahan bangsa. Hadirnya Indonesiabaik.id menjadi salah satu media jejaring konten positif untuk menangkal hoax di Indonesia. Indonesiabaik.id merupakan kanal komunikasi publik pemerintah berbasis media sosial yang dikelola Kemenkominfo yang berisi informasi tentang Indonesia, pelayanan publik dan informasi terkini. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id dalam meningkatkan literasi digital, 2). Untuk mengetahui tahap Share, Optimize, Manage dan Engage yang dilakukan @indonesiabaik.id dalam mengelola media sosial yang dimiliki. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan yaitu The Circular Model Of Some. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id dalam meningkatkan literasi digital telah dilaksanakan dengan baik yakni melalui konten-konten yang ditampilkan berdasarkan informasi yang aktual. Tahap Share, sudah optimal karena mereka sudah dapat saling terhubung dengan followersnya melalui fitur instastory, konten interaktif dan Komunitas Sohib serta berhasil membangun kepercayaan publik dengan sumber konten yang valid. Tahap Optimize, tidak menggunakan tools tertentu seperti social mention/sprout social melainkan dengan survey yang diadakan bagi audiens setiap tahun.Tahap Manage, sudah baik dengan melakukan evaluasi konten setiap pekan atau bulan dan media monitoring yang dilakukan sehari-hari serta menggunakan tools bawaan plaform media sosial masing-masing. Misal instagram, insight, twitter analytic. Tahap Engage sudah baik dengan menggait influencer dengan kategori micro, macro, dan mega influencer. Untuk mengetahui target audiensnya, Indonesiabaik.id melakukan riset secara online dan juga offline.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Zahra Febrianti 1901030025 |
Pengarang |
Zahra Febrianti - Personal Name Isniyunisyafna Diah Delima - Personal Name Faisal Tomi Saputra - Personal Name Een Irianti - Personal Name Mad Yoman - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF KM2302506 ZAH p |
Subyek |
Hoax Instagram The Circular Model Of SoMe indonesiabaik.id
|
Klasifikasi |
KM2302506 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvii + 128 hlm,; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Isniyunisyafna Diah Delima 0411069004 / Pembimbing 2 : Een Irianti 0423058903 / Penguji 1 : Faisal Tomi Saputra 0416038902 / Penguji 2 : Een Irianti 0423058903 / Penguji 3 : Mad Yoman 0425108503 |