Detail Cantuman

Pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id sebagai media informasi dalam meningkatkan literasi digital (Studi kasus instagram @indonesiabaik.id fi Kominfo Jakarta pusat)

Pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id sebagai media informasi dalam meningkatkan literasi digital (Studi kasus instagram @indonesiabaik.id fi Kominfo Jakarta pusat)


Fenomena hoax semakin marak di jejaring internet, dengan kemudahan media sosial informasi dapat dengan cepat tersebar melalui media sosial. Berita hoax mampu menimbulkan beragam opini masyarakat, kerancuan informasi hingga perpecahan bangsa. Hadirnya Indonesiabaik.id menjadi salah satu media jejaring konten positif untuk menangkal hoax di Indonesia. Indonesiabaik.id merupakan kanal komunikasi publik pemerintah berbasis media sosial yang dikelola Kemenkominfo yang berisi informasi tentang Indonesia, pelayanan publik dan informasi terkini. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk mengetahui pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id dalam meningkatkan literasi digital, 2). Untuk mengetahui tahap Share, Optimize, Manage dan Engage yang dilakukan @indonesiabaik.id dalam mengelola media sosial yang dimiliki. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan yaitu The Circular Model Of Some. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial instagram @indonesiabaik.id dalam meningkatkan literasi digital telah dilaksanakan dengan baik yakni melalui konten-konten yang ditampilkan berdasarkan informasi yang aktual. Tahap Share, sudah optimal karena mereka sudah dapat saling terhubung dengan followersnya melalui fitur instastory, konten interaktif dan Komunitas Sohib serta berhasil membangun kepercayaan publik dengan sumber konten yang valid. Tahap Optimize, tidak menggunakan tools tertentu seperti social mention/sprout social melainkan dengan survey yang diadakan bagi audiens setiap tahun.Tahap Manage, sudah baik dengan melakukan evaluasi konten setiap pekan atau bulan dan media monitoring yang dilakukan sehari-hari serta menggunakan tools bawaan plaform media sosial masing-masing. Misal instagram, insight, twitter analytic. Tahap Engage sudah baik dengan menggait influencer dengan kategori micro, macro, dan mega influencer. Untuk mengetahui target audiensnya, Indonesiabaik.id melakukan riset secara online dan juga offline.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Zahra Febrianti 1901030025
Pengarang Zahra Febrianti - Personal Name
Isniyunisyafna Diah Delima - Personal Name
Faisal Tomi Saputra - Personal Name
Een Irianti - Personal Name
Mad Yoman - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF KM2302506 ZAH p
Subyek Hoax
Instagram
The Circular Model Of SoMe
indonesiabaik.id
Klasifikasi KM2302506
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xvii + 128 hlm,; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Isniyunisyafna Diah Delima 0411069004 / Pembimbing 2 : Een Irianti 0423058903 / Penguji 1 : Faisal Tomi Saputra 0416038902 / Penguji 2 : Een Irianti 0423058903 / Penguji 3 : Mad Yoman 0425108503

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id