Strategi perusahaan media cetak mempertahankan eksistensi di era digital dalam perspektif jurnalistik (studi kasus Tangerang Ekpress)
Peralihan media konvensional ke media baru menjadi dampak untuk perusahaan media cetak dengan penurunan oplah produksi koran dan bagi khalayak yang memberikan warna baru pada kehidupan sosialnya. Dengan begitu perusahaan media cetak harus memiliki strategi untuk mempertahakan minat baca penggemar media cetak. Era digitalisasi saat ini sudah menjadi perkembangan yang sangat pesat dan menjadi pasar per industrian. Keberadaan internet dan media digital telah menggerus media konvensional, termasuk media cetak. Perubahan perilaku konsumen media ke arah media digital dan media daring (online) mendorong perusahaan media cetak harus mengubah proses bisnisnya. Di banyak negara, termasuk di Indonesia, sudah banyak koran-koran besar yang berhenti terbit dan gulung tikar karena gempuran media daring dan perubahan perilaku generasi milenial dan generasi Z yang lebih menyukai media digital. Sejumlah perusahaan pers, yang basis awalnya media cetak, mau tidak mau mulai mengembangkan media digital, entah berupa portal berita daring atau koran digital yang juga kerap disebut e-paper dan majalah digital atau e-magazine untuk pengganti koran fisik yang dapat lebih memudahkan khalayak dengan begitu juga ini menjadi faktor nyata pada peralihan media konvensional ke media baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi perusahaan media cetak dalam mempertahankan minat baca diera digitalisasi dalam perspektif jurnalistik. Peneliti memakai jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teori konvergensi media Henry Jenskins. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tangerang Ekspres menjalin kerjasama yang baik kepada beberapa pihak kepemerintahan dan dinas pendedikan kepada beberapa sekolah yag tersebar diwilayah Tangerang Banten. Tingkat kepercayaan koran Tangerang Ekspres masih berada dilevel tertinggi dibanding media online sehingga dengan itu juga Tangerang Ekspres sampai saat ini masih aktif dan tidak akan mati dalam mencetak koran.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Kholifatun Kharisma Yati 1901030066 |
Pengarang |
Kholifatun Kharisma Yati - Personal Name Ukon Furkon Sukanda - Personal Name Een Irianti - Personal Name Sri Murdilah Fournawati - Personal Name Luna Safitri Salsabil - Personal Name Rini Hardiyanti - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF KM2306606 KHO s |
Subyek |
Media Cetak E-Paper era digitalisasi
|
Klasifikasi |
KM2306606 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xv + 85 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Ukon Furkon Sukanda 0421128404 / Pembimbing 2 : Een Irianti 0423058903 / Penguji 1 : Sri Murdilah Fournawati 0413076704 / Penguji 2 : Luna Safitri Salsabila 0415039401/ Penguji 3 : Rini Hardiyanti 0422109003 |