Pengaruh intensitas komunikasi tatap muka terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Cisauk
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas komunikasi
tatap muka terhadap minat belajar. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan
positif antara intensitas komunikasi tatap muka dengan minat belajar. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 3 Cisauk dengan sampel penelitian siswa
sejumlah 80 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Untuk
menguji instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dilakukan
uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji koefisien determinasi dan uji T. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil
analisis data, intensitas komunikasi tatap muka memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Cisauk. Nilai sig 0,000 lebih
kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat diambil
kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh
antara intensitas komunikasi tatap muka (X) dengan minat belajar siswa (Y).
Sedangkan berdasarkan nilai R square sebesar 0,605 yang berarti bahwa
hubungan intensitas komunikasi (X) dan minat belajar (Y) adalah sebesar 60,5%
dan 39,5% nya dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dari itu pengaruh intensitas
komunikasi tatap muka dan minat belajar terbukti signifikan.
Detail Information