Komunikasi pemasaran kedai kopi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan (studi deskriptif pada kenaikan penjualan tahun 2022 di KopiTuh Kosambi, Kabupaten Tangerang)
KopiTuh merupakan usaha yang bergerak dibidang makanan dan minuman, dimana
utamanya adalah kopi, berdiri pada tahun 2020. Perkembangan bisnis Industri kopi
dalam bentuk kedai kopi akhir akhir ini banyak dimulai oleh peminum kopi yang
kemudian tertarik menjalankan hobi tersebut menjadi bisnis. Maraknya bisnis
coffee shop menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat. Dalam dunia bisnis strategi komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai
pada tahap pembentukan kesadaran dan pemahaman konsumen. Dengan demikian sebuah bisnis membutuhkan perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang tepat agar dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui komunikasi pemasaran kedai KopiTuh dalam mempertahankan
loyalitas pelanggan. Teori yang digunakan pada peneltiian ini ialah bauran
pemasaran 7p menurut Kotler dan Armstrong. Metode dalam penelitian ini ialah
kuali tatif deskriptif. Penelitian ini dibantu oleh beberapa narasumber seperti,
pemilik, karyawan, dan pelanggan dari KopiTuh. Data yang akan diperoleh dalam
penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara tak berstruktur kepada narasumber.
Teknik analisis dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KopiTuh
melakukan komunikasi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggan,
sehingga hal ini KopiTuh mengalami kenaikan penjualan yang sangat signifikan
pada tahun 2022. Dalam strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan ialah
product, price, promotion, place, people, process, physical evidence.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Ally Sia Maharani 1901030014 |
Pengarang |
Ally Sia Maharani - Personal Name Faisal Tomi Saputra - Personal Name Linawati - Personal Name Alamsyah - Personal Name Ari Suseno - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF KM2301406 ALL k |
Subyek |
Loyalitas Pelanggan Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi
|
Klasifikasi |
KM2301406 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
|
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xv + 114 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Annie Myranika 0428066403 / Pembimbing 2 : Siti Humulhaer 0407058202 / Penguji 1 : Annie Myranika 0428066403 / Penguji 2 : Siti Humulhaer 0407058202 / Penguji 3 : Beggy Tamara |