Detail Cantuman

Efektivitas komunikasi guru terhadap keterampilan baca tulis huruf Hijaiyah pada anak remaja di taman pengajian anak UMMU Hasanah Tanah Tinggi

Efektivitas komunikasi guru terhadap keterampilan baca tulis huruf Hijaiyah pada anak remaja di taman pengajian anak UMMU Hasanah Tanah Tinggi


Penelitian ini berjudul “Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Keterampilan Baca Tulis Huruf Hijaiyah Pada Anak Remaja di Taman Pengajian Anak (TPA) Ummu Hasanah Tanah Tinggi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi guru pada anak remaja di Taman Pengajian Anak (TPA) Ummu Hasanah Tanah Tinggi dalam meningkatkan keterampilan baca tulis Huruf Hijaiyah. Keterampilan dalam membaca kitab suci Al-Qur’an merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang muslim, karena membaca Al-Qur’an merupakan kunci utama dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Keterampilan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan yang penting pada tahap awal untuk memahami isi kandungan Al-Qur’an. Kemampuan ini juga erat kaitannya dengan ibadah muslim, seperti menunaikan sholat, haji dan kegiatan sholat lainnya. Dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu Stimulus – Response sebagai grand theory. Paradigma penelitian ini yaitu paradigma positivisme dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket atau kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini merupakan anak didik atau murid pada TPA Ummu Hasanah Tanah Tinggi berusia 12 – 14 tahun dengan jumlah 50 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik total sampling. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel efektivitas komunikasi guru berpengaruh efektif terhadap keterampilan baca tulis Huruf Hijaiyah pada anak yaitu sebesar 86,3%. Berdasarkan hasil uji t hitung sebesar 17,128 dengan t tabel sebesar 2,012 ini berarti t hitung > t table (17,128 > 2,012) dengan nilai signifikansi ( ) 0,000 atau kurang dari 0,05 dengan begitu maka Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat efektivitas komunikasi guru terhadap keterampilan baca tulis Huruf Hijaiyah pada anak remaja di TPA Ummu Hasanah Tanah Tinggi.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Kamilah Hanan 1901030146
Pengarang Kamilah Hanan - Personal Name
Ukon Furkon Sukanda - Personal Name
Ari Suseno - Personal Name
Sri Murdilah Fournawati - Personal Name
Luna Safitri Salsabil - Personal Name
Rini Hardiyanti - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF KM2314606 KAM p
Subyek Teori Stimulus
Respon
Keterampilan Baca Tulis Huruf Hijaiyah
Komunikasi Pendidikan
Klasifikasi KM2314606
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Komunikasi
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik x + 120 hlm, ;30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Ukon Furkon Sukanda 0421128404 / Pembimbing 2 : Ari Suseno 0423048804 / Penguji 1 : Sri Murdilah Fournawati / Penguji 2 : Luna Fitri Salsabil / Penguji 3 : Rini Hardiyanti

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id