Komunikasi persuasif humas PMI Kota Tangerang dalam meningkatkan jumlah pendonor darah sukarela saat bulan ramadan 2023
Peneliti melihat adanya sebuah fenomena yang terjadi pada PMI Kota
Tangerang yaitu adanya penurunan persediaan stok darah saat bulan Ramadan
selama bertahun-tahun terakhir. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti
upaya apa saja yang dilakukan oleh Humas PMI Kota Tangerang dalam melakukan
strategi komunikasi persuasif untuk meningkatkan jumlah pendonor darah sukarela
guna memastikan persediaan stok darah saat bulan Ramadan 2023 di UTD PMI
Kota Tangerang tetap aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
Bagaimana teknik komunikasi persuasif Humas PMI Kota Tangerang dalam
meningkatkan pendonor darah sukarela saat bulan Ramadan, (2) Bagaimana
peyajian pesan untuk menarik perhatian dan minat masyarakat dalam meningkatkan
jumlah pendonor darah sukarela saat bulan Ramadan 2023, (3) Bagaimana
kemampuan Humas PMI Kota Tangerang dalam menyatukan diri dengan
masyarakat, (4) Bagaimana respon calon pendonor menanggapi pesan persuasif
Humas PMI Kota Tangerang, (5) Bagaimana hambatan yang dialami Humas PM
Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi
komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Humas PMI Kota Tangerang berhasil
menarik minat dan perhatian calon pendonor sehingga dapat meningkatkan jumlah
pendonor darah sukarela darah saat bulan Ramadan 2023, strategi komunikasi
peruasif yang dilakukan masuk memenuhi kategori teknik asosiasi, teknik integrasi,
teknik ganjaran, dan teknik tataan. Adapun faktor pendukung tercapainya
komunikasi persuasif khususnya dalam kegiatan penyampaian informasi di media
massa melalui availabity dan relevance, menentukan strategi pendekatan,
memahami naluri, attribution, menggali kebutuhan terdalam komunikan dalam
meningkatkan jumlah pendonor darah sukarela saat bulan Ramadan 2023. Strategi
komunikasi persuasif Humas PMI Kota Tangerang dilakukan dengan sosialisasi
secara langsung kepada masyarakat saat mengadakan safari donor; canvassing
dalam event-event atau kegiatan besar; pelayanan program DOBRAK atau Donor
Bareng Keluarga. Humas PMI Kota Tangerang juga menggunakan media sosial
dengan menyebarluaskan informasi dan membuat konten-konten edukasi mengenai
kegiatan donor darah saat bulan Ramadan.
Detail Information