Penerapan prinsip new public service (nps) dalam pelayanan pembuatan kartu indonesia sehat (kis) melalui badan penyelenggaraa jaminan sosial (bpjs) kota tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Prinsip New
Public Service dalam pelayanan pembuatan Kartu Indonesia Sehat melalui BPJS
Kota Tangerang dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi pegawai
BPJS Kota Tangerang dalam menerapkan Prinsip New Public Service dalam
pelayanan pembuatan KIS. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Jenis dan sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data
sekunder. Teknik Analisa data antara lain, pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan. Konsep teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Prinsip New Public Service menurut Denhadrt J.V & Denhardt
R.B (2003). Hasil penelitian menunjukan berdasarkan indikator pada penelitian ini,
diantaranya : Serve citizens, not customers (melayani masyarakat bukan pelanggan),
Seek the public interest (mengutamakan kepentingan publik), Value citizenship
over enterpreneurship (lebih menghargai warga negara/masyarakat daripada
kewirausahaan), Think strategically, act democratically (berpikir strategis,
bertindak demokratis), Recognize that accountability isn’t simple (menyadari
bahwa akuntabilitas bukan sesuatu yang mudah), Serve rather than steer (melayani
daripada mengendalikan), Value people, not just productivity (menghargai orang,
bukan produktivitas semata), menunjukan hasil penelitian yang sudah berjalan
secara optimal dalam menerapkan Prinsip New Public Service dalam pembuatan
Kartu Indonesia Sehat melalui aplikasi Mobile JKN, akan tetapi masih perlu
dikembangkan secara lebih baik lagi karena masih adanya hambatan terutama untuk
kelompok lansia dan yang tidak memahami tentang teknologi. Hal lainnya yang
menjadi hambatan dalam menerapkan Prinsip New Public Service, yaitu
terbatasnya anggaran yang menjadikan kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat
mengenai pembuatan Kartu Indonesia Sehat melalui aplikasi Mobile JKN.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Savira Fajar Meyriyanih 1901010049 |
Pengarang |
Savira Fajar Meyriyanih - Personal Name Nanan Sujana - Personal Name Eko Prasetyo - Personal Name Udin Syamsudin - Personal Name Pri Utami - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2304905 SAV p |
Subyek |
Prinsip New Public Service Kartu Indonesia Sehat BPJS kota tangerang
|
Klasifikasi |
AN2304905 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvii + 115 hlm,; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Nanan Sujana 404046003 / Pembimbing 2 : Pri Utami 0405056806 / Penguji 1 : Eko Prasetyo 410540484 / Penguji 2 : Pri Utami 0405056806 / Penguji 3 : Udin Syamsudin 9904006163 |