Pengaruh gender, status bekerja, self-regulated learning terhadap prestasi akademik (Studi kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gender, Status
Bekerja, dan tingkat Self Regulated Learning terhadap prestasi akademik baik secara
parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i semester
2 hingga 8 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UNIS Tangerang sebanyak 82
mahasiswa/i yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dari total
populasi. Instrumen pengumpulan data gender, status pekerjaan, dan prestasi
akademik menggunakan kuesioner data pribadi responden, sedangkan tingkat self
regulated learning menggunakan kuesioner berupa pertanyaan sebanyak 25 butir
soal dengan indikator berupa aspek kognisi, motivasi, dan perilaku dengan
menggunakan skala likert sebagai pengukurnya. Metode analisis menggunakan uji
regresi berganda dengan terlebih dahulu mengacu pada tahap uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial gender dan self-regulated
learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, tetapi tidak terdapat
pengaruh status bekerja terhadap prestasi akademik mahasiswa karena nilai IPK
yang diperoleh antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja dalam penelitian ini
masih termasuk dalam kategori baik dengan hasil analisis deskriptif statistik
diperoleh nilai mean sebesar 3,31. Dan secara simultan menunjukkan bahwa gender,
status bekerja, dan self regulated learning secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap prestasi akademik dengan signifikansi 0,009<0,1.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Syifa Sansabiella Audi Utami |
Pengarang |
Syifa Sansabiella Audi Utami - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK1807708 SYI p |
Subyek |
Gender Status Bekerja Self Regulated Learning Prestasi Akademik
|
Klasifikasi |
EK1807708 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiv + 132 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|