Detail Cantuman

Pengaruh gender, status bekerja, self-regulated learning terhadap prestasi akademik (Studi kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)

Pengaruh gender, status bekerja, self-regulated learning terhadap prestasi akademik (Studi kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gender, Status
Bekerja, dan tingkat Self Regulated Learning terhadap prestasi akademik baik secara
parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i semester
2 hingga 8 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UNIS Tangerang sebanyak 82
mahasiswa/i yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dari total
populasi. Instrumen pengumpulan data gender, status pekerjaan, dan prestasi
akademik menggunakan kuesioner data pribadi responden, sedangkan tingkat self
regulated learning menggunakan kuesioner berupa pertanyaan sebanyak 25 butir
soal dengan indikator berupa aspek kognisi, motivasi, dan perilaku dengan
menggunakan skala likert sebagai pengukurnya. Metode analisis menggunakan uji
regresi berganda dengan terlebih dahulu mengacu pada tahap uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial gender dan self-regulated
learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik, tetapi tidak terdapat
pengaruh status bekerja terhadap prestasi akademik mahasiswa karena nilai IPK
yang diperoleh antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja dalam penelitian ini
masih termasuk dalam kategori baik dengan hasil analisis deskriptif statistik
diperoleh nilai mean sebesar 3,31. Dan secara simultan menunjukkan bahwa gender,
status bekerja, dan self regulated learning secara bersama-sama berpengaruh
signifikan terhadap prestasi akademik dengan signifikansi 0,009<0,1.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Syifa Sansabiella Audi Utami
Pengarang Syifa Sansabiella Audi Utami - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF EK1807708 SYI p
Subyek Gender
Status Bekerja
Self Regulated Learning
Prestasi Akademik
Klasifikasi EK1807708
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xiv + 132 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id