Detail Cantuman

Kualitas pelayanan publik aplikasi SIAP kerja di Kantor Kementrian Ketenagakerjaan RI

Kualitas pelayanan publik aplikasi SIAP kerja di Kantor Kementrian Ketenagakerjaan RI


Perkembangan era digital menjadi suatu bagian dari perkembangan peradaban
zaman yang hadir di tengah-tengah masyarakat modern. Saat ini, signifikansi
perkembangan yang terjadi di era digial ditandai dengan perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin hari semakin berkembang, oleh
sebab itu Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi yang bernama
SIAPkerja. Aplikasi SIAPkerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan
Ketenagakerjaan) tujuan dari penelitian ini ini menganalisis kualitas pelayanan
publik aplikasi SIAPkerja di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI terhadap
pelayanan publik yang diberikan melalui aplikasi tersebut. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan
teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Seiring
dengan hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan RI mengembangkan aplikasi
SIAPkerja sebagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam
mengakses informasi dan layanan ketenagakerjaan. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
observasi. Responden penelitian terdiri dari pengguna aplikasi SIAPkerja dan
petugas di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI yang terlibat dalam
pengembangan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna aplikasi
SIAPkerja masyarakat menjadi semakin mudah dalam melakukan proses
pelayanan, dilihat dari kesigapan petugas yang merespon masyarakat pengguna
layanan dan semua keluhan masyarakat yang langsung ditanggani oleh petugas
dengan cepat.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Tyrenz Maura Reiza Defasya 1901010083
Pengarang Tyrenz Maura Reiza Defasya - Personal Name
M.Rosul Asmawi - Personal Name
Pri Utami - Personal Name
Irvan Arif Kurniawan - Personal Name
Fitria Firdiyani - Personal Name
Eko Prasetyo - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AN2308305 TYR k
Subyek Pelayanan Publik
Kualitas Pelayanan
aplikasi SIAPkerja
Klasifikasi AN2308305
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xvi + 87 hlm, ;30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : M. Rosul Asmawi 410520016 / Pembimbing 2 : Pri Utami 0405056806 / Penguji 1 : Irvan Arif Kurniawan 0411048801 / Penguji 2 : Eko Prasetyo / Penguji 3 : Fitria Firdiyani 0421049006

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id