Kualitas pelayanan publik aplikasi SIAP kerja di Kantor Kementrian Ketenagakerjaan RI
Perkembangan era digital menjadi suatu bagian dari perkembangan peradaban
zaman yang hadir di tengah-tengah masyarakat modern. Saat ini, signifikansi
perkembangan yang terjadi di era digial ditandai dengan perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin hari semakin berkembang, oleh
sebab itu Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi yang bernama
SIAPkerja. Aplikasi SIAPkerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan
Ketenagakerjaan) tujuan dari penelitian ini ini menganalisis kualitas pelayanan
publik aplikasi SIAPkerja di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI terhadap
pelayanan publik yang diberikan melalui aplikasi tersebut. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kebijakan pemerintah yang mendorong penggunaan
teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Seiring
dengan hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan RI mengembangkan aplikasi
SIAPkerja sebagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam
mengakses informasi dan layanan ketenagakerjaan. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
observasi. Responden penelitian terdiri dari pengguna aplikasi SIAPkerja dan
petugas di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI yang terlibat dalam
pengembangan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna aplikasi
SIAPkerja masyarakat menjadi semakin mudah dalam melakukan proses
pelayanan, dilihat dari kesigapan petugas yang merespon masyarakat pengguna
layanan dan semua keluhan masyarakat yang langsung ditanggani oleh petugas
dengan cepat.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Tyrenz Maura Reiza Defasya 1901010083 |
Pengarang |
Tyrenz Maura Reiza Defasya - Personal Name M.Rosul Asmawi - Personal Name Pri Utami - Personal Name Irvan Arif Kurniawan - Personal Name Fitria Firdiyani - Personal Name Eko Prasetyo - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2308305 TYR k |
Subyek |
Pelayanan Publik Kualitas Pelayanan aplikasi SIAPkerja
|
Klasifikasi |
AN2308305 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 87 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : M. Rosul Asmawi 410520016 / Pembimbing 2 : Pri Utami 0405056806 / Penguji 1 : Irvan Arif Kurniawan 0411048801 / Penguji 2 : Eko Prasetyo / Penguji 3 : Fitria Firdiyani 0421049006 |