Pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Tangerang tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Tangerang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Metode Mind Mapping
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Tangerang
Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode quasi
eksperimental design dan teknik pengumpulan data berupa test, lembar observasi
dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 157 siswa mulai
dari kelas XI IPS 1 sampai dengan kelas XI IPS 5 yang kemudian ditetapkan
dengan menggunakan teknik sampling yaitu sampling purposive sehingga didapat
sampel yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3.
Dari hasil perhitungan ternyata terdapat pengaruh Metode Mind Mapping
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Tangerang
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan t_test yang menghasilkan
sebesar 6.586 dimana thitung > ttabel (6.586>1.998). Hal ini dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh positif Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Tahun Pelajaran
2018/2019.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Yulia Wahyuni |
Pengarang |
Yulia Wahyuni - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK1802308 YUL p |
Subyek |
Hasil Belajar Mind Mapping
|
Klasifikasi |
EK1802308 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
x + 60 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|