Pengaruh model pembelajaran team games tournamen (TGT) terhadap hasil belajr siswa pada mata oelajaran ekonomi materi pendapatan nasional kelas XI IPS di MAN 2 Kota Tangerang tahun pelajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang ada atau tidaknya
perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Team
Games Tournamen (TGT) dan menggunakan Metode Ceramah di kelas XI IPS MAN
2 Kota Tangerang. Metode penelitian yang peneliti digunakan adalah metode
eksperimen. Adapun eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Kota Tangerang
Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Berdasarkan teknik tersebut ukuran sampel yang digunakan dalam
penelitian yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai
kelas kontrol.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat perbedaan nilai rata-rata nilai
beda kelas eksperimen adalah 28,79 sedangkan kelas kontrol adalah 8,97 yang berarti
terdapat perbedaan sebesar 19,82. Maka hasil dapat disimpulkan bahwa : Terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) dengan hasil belajar siswa yang
menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan
nasional siswa kelas XI IPS MAN 2 Kota Tangerang.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Yulia Anggraini |
Pengarang |
Yulia Anggraini - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF EK1807208 YUL p |
Subyek |
Hasil Belajar Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT)
|
Klasifikasi |
EK1807208 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 79 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|