Pengaruh metode dril terhadap hafalan siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadis kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ad-Da'wah Jakarta Barat
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta Barat,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Dril terhadap hafalan
siswa di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta Barat.
Mengingat pentingnya peranan Al-Quran dan Hadist bagi siswa di masa
yang akan datang. maka diperlukanya peningkatan motivasi siswa dalam
menghafalkan pelajaran Al-Quran Hadist. Akan tetapi siswa saat ini kurang
memahami betapa pentingnya pelajaran Al-Quran dan Hadist untuk bekal di masa
yang akan datang.Sehingga siswa tidak memiliki minat yang tinggi untuk
menghafalkan Al-Quran dan Hadist dan lebih berminat untuk menghafalkan lagulagu dan musik masa kini.
sehingga diperlukanya metode yang cocok dalam pembelajaran Al-Quran
Hadist salah satunya adalah metode Dril semoga dengan adanya metode Dril
motivasi siswa dalam menghafal akan meningkat.
Metode Dril suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan
terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan
tertentu. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang-ulang.
Metode dril biasanya berlagsung dengan cara mengulang-ngulang suatu hal
sehingga terbentuk kemampuan yang diharapkan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 3 kelas,
jumlah keseluruhan peserta kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah
Jakarta Barat ialah sebanyak 102 siswa sengan mengambil sampel sebanyak 50
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasioanl,
yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua faktor pada sekelompok
subjek penelitian. Instrument penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner
dimana untuk variabel X dan Y masing-masing memiliki sebanyak 10 butir soal
pertanyaan. Kemudian hasil dari angket atau kuesioner dianalisi menggunakan
rumus product moment.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan ahwa pengaruh metode Dril terhadap
hafalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta Barat sebesar
0,438554481 = 0,43 dan ini masuk kedalam interval koefision 0,40-0,599 yang
artinya sedang. Demikian juga dengan perhitungan KD berkonstribusi sebesar
18% hafalan siswa terpengaruh karena adanya metode Dril dan 82% dipengaruhi
oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil thitung
= 3,287 selanjutnya nilai tabel pada taraf signifikan 0,05% (5%) yaitu 2,010,
dengan demikian thitung ≥ tabel jadi terdapat pengaruh metode Dril terhadap hafalan
siswa di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta Barat.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Silvia |
Pengarang |
Silvia - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1807001 SIL p |
Subyek |
Metode Dril Hapalan Al-Qur'an dan Hadits
|
Klasifikasi |
AI1807001 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xviii + 102 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|