Pengaruh metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Serpong Kota Tangerang Selatan
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Serpong Kota Tangerang
Selatan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi
terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Serpong Kota
Tangerang Selatan.
Metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang menghadapkan
siswa pada suatu permasalahan. Dalam proses pembelajaran, metode ini
mendapatkan perhatian yang lebih khusus, karena dengan metode diskusi dapat
merangsang siswa berpikir atau mengeluarkan pendapat sendiri. Dan dengan
adanya metode diskusi motivasi belajar siswa akan meningkat. Motivasi belajar
adalah gagasan, dorongan dari luar maupun dari dalam diri yang dapat
meningkatkan semangat atau motivasi belajar siswa
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII
sebanyak 6 kelas, jumlah keseluruhan peserta kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah
Serpong Kota Tangerang Selatan ialah sebanyak 218 dengan mengambil sampel
sebanyak 141 peserta didik.
Metode yang digunakan peneliti dalam sebuah penelitian ini ialah
menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan instrument penelitian
ini menggunakan angket atau kuesioner dimana untuk variabel X dan Y memiliki
sebanyak 10 butir soal pernyataan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis dengan
menggunakan rumusan product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukan
bahwa pengaruh Metode Diskusi terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah
Tsanawiyah Serpong Kota Tangerang Selatan sebesar 0,5625 = 0,56 dan ini
masuk ke dalam interval koefisien 0,40-0,599 yang artinya masuk dalam peranan
tingkat sedang.
Selanjutnya untuk mengetahui tingkat signifikan dilakukan pengujian
hipotesis yang menggunakan ( uji t) antara Metode Diskusi dengan Motivasi
Belajar Siswa, yaitu dengan membandingkan hasil perhitungan thitung dengan ttable
distribusi nilai pada taraf signifikan 5%. Hasil yang didapat dari thitung adalah 7,95
dan dari ttable adalah 1,98. Dengan demikian thitung > ttable jadi terdapat pengaruh
Metode Diskusi dengan Motivasi Belajar Siswa.
Demikian juga dengan perhitungan koefisien determinasi dengan
kontribusi sebesar 31% Motivasi Belajar Siswa terpengaruh karena adanya
Metode Diskusi dan 69% Motivasi Belajar Siswa dipengaruhi oleh faktor lainnya
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor lain yang dapat mempengaruhi
Motivasi Belajar Siswa antara lain faktor keluarga, sekolah maupun lingkungan
masyarakat dan lain sebagainya
SR011413 | REF HK2008302 MUH a | Perpustakaan UNIS | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Detail Information
Bagian | Informasi |
---|---|
Pernyataan Tanggungjawab | Siti Nopianti |
Pengarang | Siti Nopianti - Personal Name |
Edisi | Publish |
No. Panggil | REF AI1808401 SIT p |
Subyek | Motivasi Belajar Metode Diskusi |
Klasifikasi | AI1808401 |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit | 2018 |
Tempat Terbit | TANGERANG |
Deskripsi Fisik | |
Info Detil Spesifik |