Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap kepuasan customer D'primahotel Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (Crm) terhadap Kepuasan Pelanggan d'primahotel Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan atau pernyataan yang terdaftar dan terstruktur kepada responden untuk dijawab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak Customer Relationship Management (CRM) terhadap tingkat kepuasan pelanggan di d'primahotel Tangerang. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi variabel manajemen hubungan pelanggan (X) terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 0,000 artinya nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 dan untuk menentukan Nilai t tabel untuk variabel ini membentuk persamaan, dimana jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100 orang.
Dari hasil analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada pengujian dengan menggunakan uji t statistik terlihat nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan d'primahotel Tangerang. Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, artinya apabila CRM d’primahotel Tangerang tidak memperbaiki proses dan melayani pelanggan dengan baik maka kepuasan pelanggan akan semakin menurun. Begitu pula sebaliknya jika CRM d'primahotel Tangerang.
Detail Information