Detail Cantuman

Pengaruh metode demonstrasi terhadap kompetensi siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ad-Da’wah Jakarta Barat

Pengaruh metode demonstrasi terhadap kompetensi siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ad-Da’wah Jakarta Barat


Peningkatan kompetensi siswa dalam melaksanakan ibadah salat seorang
guru harus mampu menyampaikan informasi atau pelajaran dengan menggunakan
metode secara tepat, karena dengan menggunakan metode yang tepat peserta didik
akan dengan mudah menyerap dan memahami apa yang disampaikan guru. Salah
satunya adalah metode demonstrasi, menurut Ismail SM. metode ini merupakan
metode pembelajaran yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu
pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada
peserta didik, karena dengan metode demonstrasi peserta didik langsung
mengetahui dan dapat memperaktikkan secara langsung agar terampil untuk
melakukannya sendiri. Dan dengan adanya metode demonstrasi kompetensi siswa
dalam melaksanakan ibadah salat akan meningkat.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta
Barat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi
terhadap kompetensi siswa di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta Barat.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas VII sebanyak 3
kelas, jumlah keseluruhan peserta kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah
Jakarta Barat ialah sebanyak 102 dengan mengambil sampel sebanyak 50 peserta
didik.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan
penelitian korelasi, yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua faktor
pada sekelompok subjek penelitian. Sedangkan instrument penelitian ini
menggunakan angket atau kuesioner dimana untuk variabel X dan Y memiliki
sebanyak 10 butir soal pernyataan dan rumusan dalam penelitian ini menggunakan
rumusan product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh
Metode Demonstrasi terhadap Kompetensi Siswa di Madrasah Tsanawiyah AdDa‟wah Jakarta Barat sebesar 0,51 dan ini masuk ke dalam interval koefisien
0,40-0,599 yang artinya masuk dalam peranan tingkat sedang.
Selanjutnya untuk mengetahui tingkat signifikan dilakukan pengujian
hipotesis yang menggunakan (uji t) antara Metode Demonstrasi dengan
Kompetensi Siswa, yaitu dengan membandingkan hasil perhitungan thitung dengan
ttabel distribusi nilai pada taraf signifikan 5%. Hasil yang didapat dari thitung adalah
4,1096 dan dari ttabel adalah 2,010. Dengan demikian thitung ≥ ttabel. Jadi terdapat
pengaruh metode demonstrasi terhadap kompetensi siswa.
Demikian juga dengan perhitungan koefisien determinasi dengan
konstribusi sebesar 26% Kompetensi Siswa terpengaruh karena adanya Metode
Demonstrasi dan 74% Kompetensi Siswa dipengaruhi oleh faktor atau variabel
lain yang tidak diteliti oleh peneliti.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Syifa Fauziah
Pengarang Syifa Fauziah - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1808201 SYI p
Subyek Fiqih
Metode Demonstrasi
Kompetensi Siswa
Klasifikasi AI1808201
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xx + 101 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id