Pengaruh metode demonstrasi terhadap kompetensi siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ad-Da’wah Jakarta Barat
Peningkatan kompetensi siswa dalam melaksanakan ibadah salat seorang
guru harus mampu menyampaikan informasi atau pelajaran dengan menggunakan
metode secara tepat, karena dengan menggunakan metode yang tepat peserta didik
akan dengan mudah menyerap dan memahami apa yang disampaikan guru. Salah
satunya adalah metode demonstrasi, menurut Ismail SM. metode ini merupakan
metode pembelajaran yang menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu
pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu kepada
peserta didik, karena dengan metode demonstrasi peserta didik langsung
mengetahui dan dapat memperaktikkan secara langsung agar terampil untuk
melakukannya sendiri. Dan dengan adanya metode demonstrasi kompetensi siswa
dalam melaksanakan ibadah salat akan meningkat.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta
Barat, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi
terhadap kompetensi siswa di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah Jakarta Barat.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas VII sebanyak 3
kelas, jumlah keseluruhan peserta kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ad-Da‟wah
Jakarta Barat ialah sebanyak 102 dengan mengambil sampel sebanyak 50 peserta
didik.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan
penelitian korelasi, yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua faktor
pada sekelompok subjek penelitian. Sedangkan instrument penelitian ini
menggunakan angket atau kuesioner dimana untuk variabel X dan Y memiliki
sebanyak 10 butir soal pernyataan dan rumusan dalam penelitian ini menggunakan
rumusan product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh
Metode Demonstrasi terhadap Kompetensi Siswa di Madrasah Tsanawiyah AdDa‟wah Jakarta Barat sebesar 0,51 dan ini masuk ke dalam interval koefisien
0,40-0,599 yang artinya masuk dalam peranan tingkat sedang.
Selanjutnya untuk mengetahui tingkat signifikan dilakukan pengujian
hipotesis yang menggunakan (uji t) antara Metode Demonstrasi dengan
Kompetensi Siswa, yaitu dengan membandingkan hasil perhitungan thitung dengan
ttabel distribusi nilai pada taraf signifikan 5%. Hasil yang didapat dari thitung adalah
4,1096 dan dari ttabel adalah 2,010. Dengan demikian thitung ≥ ttabel. Jadi terdapat
pengaruh metode demonstrasi terhadap kompetensi siswa.
Demikian juga dengan perhitungan koefisien determinasi dengan
konstribusi sebesar 26% Kompetensi Siswa terpengaruh karena adanya Metode
Demonstrasi dan 74% Kompetensi Siswa dipengaruhi oleh faktor atau variabel
lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Syifa Fauziah |
Pengarang |
Syifa Fauziah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI1808201 SYI p |
Subyek |
Fiqih Metode Demonstrasi Kompetensi Siswa
|
Klasifikasi |
AI1808201 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xx + 101 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|