Pendidikan multikultural dalam perspektif QS. Al-Hujarat [49]: 13


Konflik sosial yang terjadi salah satunya diakibatkan adanya fanatisme yang
berlebihan akibat dari ekspresi budaya serta latar sosial yang dimiliki. Kasus seperti ini
bisa dihindari dengan usaha terbaik diantaranya melalui proses pendidikan
multikultural agar gesekkan budaya serta konflik yang muncul dapat dihindari. AlQur’an sebagai petunjuk memberikan tawaran konsep pendidikan mutikultural yang
dapat dikaji melalui QS. Al-Hujurat [49]:13. Penelitian ini merupakan upaya untuk
menemukan solusi. Solusi yang tidak terlepas dari Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
seluruh umat manusia. Pendidikan multikultural dirasa relevan dengan Al-Qur’an yang
mengandung nilai-nilai universal. Dalam hal ini pertanyaan yang ingin dijawab melalui
penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pendidikan multikultural yang terkandung dalam
Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 13, (2) mengetahui relevansi pendidikan multikultural
dalam pendidikan masa kini.
Untuk menjawab Penelitian tersebut penulis menggunakan metode kualitatif
dengan jenis penelitian library research (kepustakaan). Sumber data dalam penelitian
ini meliputi Al-Qur’an dan terjemahnya dan data-data yang diperoleh dari ahli tafsir
yang relevan dijadikan sebagai rujukan dalam membantu menganalisis permasalahan
yang muncul. Tafsir Al-Misbah, Tafsir Ibnu Katsir, dan tafsir Jalalain, serta buku-buku
lain yang relevansinya berkaitan dengan pembahasan. Adapun metode yang digunakan
untuk menganalisis dan menjelaskan ayat Al-Qur’an dari segala pokok isi kandungan.
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an
surat Al-Hujurat ayat 13, serta mengetahui relevansi pendidikan multikultural dalam
pendidikan masa kini.
Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa pendidikan multikultural
merupakan pendidikan yang berbasis keanekaragaman, perbedaan suku, ras, agama,
sampai kepada perdebatan kelas ekonomi dan sosial. Al-Qur’an telah menjelaskan
bahwa hanya orang-orang yang bertakwalah yang paling mulia di sisi-Nya. Allah
senantiasa memerintahkan untuk selalu menghimpun persatuan, karena semua manusia
merupakan saudara. Pendidikan multikulturalisme yang terkandung dalam ayat 13
tersebut adalah: memupuk persaudaraan dalam perbedaan, saling menghargai dan
saling menghormati, membangun sikap toleransi. Dalam perwujudannya, pendidikan
multikultural dapat diintegrasikan dengan pendikikan agama Islam dan pendidikan
kewarga negaraan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Muhamad Hasanudin
Pengarang Muhamad Hasanudin - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1804801 MUH p
Subyek Pendidikan Multikultural
Qs. Surat Al-Hujurat [49]:13
Klasifikasi AI1804801
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xvii + 79 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id