Penggunaan model advence organizer untuk meningkatkan keterampilan kemampuan pemahaman konsep pada materi pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Tangerang (studi kasus kelas X 3 dan X 4)2 Kota Tangerang (studi kasus kelas x3 dan x4)
Model pembelajaran advance organizer merupakan model pembelajaran
yang memadukan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada, dari
pengalaman siswa sehingga model pembelajaran ini diharapkan dapat
memperkuat struktur kognitif siswa dan dapat meningkatkan daya ingat siswa
terhadap hal-hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan
model advance organizer dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi
konsep dasar ilmu ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 72 siswa kelas X 3 dan X 4 MAN
2 Kota Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan total sampling dengan jumlah
siswa 72. Teknik pengumpulan data yaitu berupa tes, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif statistik dengan bantuan
aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat pengaruh
peningkatan terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi konsep dasar
ilmu ekonomi.
Detail Information