Detail Cantuman

Pengaruh penggunaan model project based learning dalam meningkatkan kemampuan critical thinking, communitation dan collaboration siswa (Quasi Eksperimen Materi Pelajaran Ekonomi di Kelas XI SMAN 20 Kabupaten Tangerang)

Pengaruh penggunaan model project based learning dalam meningkatkan kemampuan critical thinking, communitation dan collaboration siswa (Quasi Eksperimen Materi Pelajaran Ekonomi di Kelas XI SMAN 20 Kabupaten Tangerang)


Project based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek
yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Project based learning dapat
menjadi sebagai inovasi model pembelajaran agar memberikan pembelajaran tidak
membosankan dan merasa jenuh selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan critical thinking,
communitation dan collaboration siswa dengan menggunakan model project based
learning dan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 20
Kabupaten Tangerang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dengan
jumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu berupa tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif statistik dengan bantuan
software aplikasi SPSS versi 26.0. Hasil penelitian hipotesis pertama dari hasil uji Mann
Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh project based learning terhadap
kemampuan collaboration siswa pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh project based learning terhadap kemampuan critical thinking dan
communitation pada kelas eksperimen.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Cici Aprianti 1905010008
Pengarang Cici Aprianti - Personal Name
H.Ambuy Sabur - Personal Name
H.Sri Lestari - Personal Name
Estu Niana Syamiya - Personal Name
H.Aniek Widiarti - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF EK2300808 CIC p
Subyek Critical Thinking
Penerapan Project Based Learning
Communication
Collaboration Siswa
Klasifikasi EK2300808
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan / Pendidikan Ekonomi
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik ix + 127 hlm,; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : H.Sri Lestari 410530339 / Pembimbing 2 : H.Ambuy Sabur 41051008 / Penguji 1 : H.Sri Lestari 410530339 / Penguji 2 : Estu Niana Syamiya / Penguji 3 : H.Aniek Widiarti

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id