Penerapan metode grup investigasi dan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan problem solving siswa pada pembelajaran ekonomi di MAN 2 Kota Tangerang (pre experimental mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 4)
Peningkatkan keterampilan peserta didik dalam pemecahan masalah,
tentunya membutuhkan tenaga pendidik yang dapat menentukan ketepatan metode
pembelajaran yang akan digunakan sehingga bisa meminimalisir rendahnya
peserta didik yang tidak menguasai keterampilan pemecahan masalah salah satu
contohnya dengan menggunakan Grup investigasi dan Mind mapping yang
merupakan metode pembelajaran yang tepat untuk mendukung program
meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan
keterampilan problem solving siswa kelas eksperimen pada penerapan metode
grup investigasi dan mind mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dengan analisis menggunakan uji beda. Populasi dalam
penelitian ini adalah 39 siswa kelas X IPS 4 MAN 2 Kota Tangerang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dengan jumlah 39 siswa.
Teknik pengumpulan data yaitu berupa tes dan observasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap keterampilan problem solving
siswa.
Detail Information