Detail Cantuman

Hubungan prestasi belajar dengan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 15 Kab. Tangerang

Hubungan prestasi belajar dengan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 15 Kab. Tangerang


Pendidikan Agama Islam sangat penting ditanamkan kepada setiap anak didik
sejak dini. Secara umum pendidikan merupakan sebuah proses transformasi yang
dilakukan oleh seseorang atau masyarakat ke generasi berikutnya, serta dilaksanakan
secara sengaja, teratur dan dapat diketahui hasilnya dari prestasi. Prestasi belajar
merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah melalui proses belajar
mengajar, yang berupa pengetahuan, tingkah laku dan perubahan sikap serta
penguasaan keterampilan yang ada pada dirinya. Sedangkan akhlak adalah suatu sifat
yang telah meresap dalam jiwa dan menjadi kepribadian. Dari sini timbullah berbagai
macam perbuatan dengan cara sepontan tanpa dibuat-buat dan tanpa memerlukan
pikiran.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian
kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan
fenomena serta hubungan-hubungannya. Peneliti juga menggunakan metode deskriftif,
adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriftif korelatif,
yaitu mencari korelasi dari dua variabel atau lebih yang mempunyai maksud dan tujuan
yang sama, sehingga dapat dicari hubungannya antara satu fenomena dengan fenomena
yang lainnya, maksudnya dalam penelitian ini yaitu prestasi belajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan akhlak siswa
Dari hasil penelitian yang telah didapat bahwa prestasi belajar mempunyai
pengaruh yang rendah terhadap akhlak peserta didik karena perhitungan korelasinya
0,34. Adapun hasil perhitungan thitung dan ttabel distribusi nilai, pada taraf signifikan
5% dan 1% dan tingkat kepercayaan 95% (0,95) dan 99% (0,99) dan hasil thitung adalah
0,17 dan dari ttabel 2,021 dan 2,704 maka thitung < ttabel jadi dapat disimpulkan bahwa
tidak ada pengaruh antara prestasi belajar dengan akhlak peserta didik karena pengaruh
terbesar berada diluar jangkauan orang tua atau diluar lingkungan rumah. Maka
hipotesis Ho diterima dan Ha ditolak.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Kurniawan Dwi Sariti
Pengarang Kurniawan Dwi Sariti - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI1803201 KUR h
Subyek Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam
Akhlak Siswa
Klasifikasi AI1803201
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xvii + 96 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id