Pengaruh teknologi pembelajaran terhadap pembentukan akhlak peserta didik kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Al-Ishlah Tangerang tahun ajaran 2019/2020
Pembelajaran merupakan proses transfer of knowledge, pembentukan sikap dan
tingkah laku siswa melalui pesan-pesan yang terkandung dalam materi ajar. Fenomena
yang sering terjadi adalah ketika pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan pendidik,
selalu atau lebih mengarah pada pembelajaran konvensional yang kaku dan monoton.
Fenomena ini menuntut pendidik agar lebih profesional dalam mengajar karena kunci
kesuksesan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh pendidik yang
profesional. Profesionalisme guru kiranya merupakan kunci pokok kelancaran dan
kesuksesan proses pembelajaran di sekolah. Karena hanya guru yang profesional yang
bisa menciptakan situasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah
penelitian ini adalah; Apakah ada Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran
Terhadap Akhlak Siswa di SMP Al-Ishlah Sukadiri Kab. Tangerang? Tujuan penelitian
ini adalah: Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap
Akhlak Siswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan metode angket langsung, observasi dan dokumentasi.
Populasi yang penulis ambil adalah siswa kelas VIII sebanyak 23 siswa, maka dengan
ini penelitian ini merupakan penelitian sampel. Teknik analisis data menggunakan
korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan
Teknologi Pembelajaran di Kelas VIII SMP Al-Ishlah tahun ajaran 2019/2020
dikategorikan baik yaitu sebesar 43,47%. Rata-rata yang diperoleh sebesar 75,78,
median 76,00, modus 76,00 dan standar deviasi 8,50. (2) Karakter ahklak siswa kelas
VIII SMP Al-Ishlah tahun ajaran 2019/2020 dikategorikan cukup yaitu sebesar 52,17%.
Rata- rata yang diperoleh sebesar 74,43, median 75,00, modus 75,00 dan standar deviasi
7,37. (3) Berdasarkan rumus korelasi Product Moment diketahui bahwa rhitung sebesar
0,875. Sedangkan rtabel dengan n = 23 adalah 0,525. Karena rhitung (0, 875) lebih besar
dari pada rtabell (0, 525), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh
positif yang signifikan antara penggunaan teknologi terhadap pembentukan ahklak
siswa kelas VIII SMP Al-Ishlah tahun ajaran 2019/2020.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Sakik Al Balki |
Pengarang |
Sakik Al Balki - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2008401 SAK p |
Subyek |
Teknologi Pembelajaran Akhlak Siswa
|
Klasifikasi |
AI2008401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
vi + 73 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|