Konsep pendidikan Islam menurut Hasan Al-Banna dan relevansinya terhadap sistem pendidikan Islam di era digital
Islam memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan. Kontribusi
pendidikan Islam sangat diperlukan terutama untuk memperbaiki serta
membangun karakter suatu bangsa. Pendidikan Islam mulai dari awal hingga
sekarang terus menerus mengalami perkembangan dan pembaharuan. Salah satu
tokoh pembaharuan pendidikan Islam adalah Hasan Al-Banna. Pemikirannya
cukup brilian dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pemikiran Hasan Al-Banna tentang
Konsep Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Sistem Pendidikan Islam di
Era Digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Ditunjang oleh data-data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan/library
research.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Islam
menurut Hasan Al-Banna meliputi komponen-komponen yang ada dalam sistem
pendidikan Islam. Pemikiran pendidikan Islamnya berdasarkan ajaran Islam yang
bertujuan menjadikan individu muslim, keluarga muslim, masyarakat muslim dan
pemerintahan muslim yang dapat memberikan kontribusi berguna bagi
masyarakatnya.
Konsep Pendidikan Islam menurut Hasan Al-Banna memiliki relevansi
dengan sistem pendidikan Islam maupun perubahan spiritual masyarakat di era
digital ini. Hal tersebut berdasarkan kesesuaian teori pendidikan Islamnya serta
pemikirannya berusaha mengatasi krisis moralitas-spiritual yang ada di kehidupan
modern melalui proses pendidikan Islam.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Futri Ayuning Abdullah |
Pengarang |
Futri Ayuning Abdullah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2008301 FUT k |
Subyek |
Hasan Al-Banna Konsep Pendidikan Islam
|
Klasifikasi |
AI2008301 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvii + 118 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|