Detail Cantuman

Pengaruh aplikasi schoology terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Tangerang

Pengaruh aplikasi schoology terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) kelas XI di SMA Negeri 10 Kota Tangerang


Penulisan ini dilatar belakangi semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang terus berkembang dari masa ke masa dan menumbuhkan
berbagai macam penemuan-penemuan baru khususnya dalam bidang teknologi
diranah pendidikan, yang kita ketahui berbagai macam jenis aplikasi tentang
belajar mengajar, salah satunya yakni aplikasi schoology.
Aplikasi schoology merupakan sebuah aplikasi Schoology merupakan sebuah
aplikasi LMS yang didirikan dan dipelopori oleh Jeremy Friedman dibantu oleh
Ryan Hwang dan Tim Trinidad di Kota New York Amerika Serikat pada tahun
2009. Learnbost, Edmodo, dan schoology. LMS yang pertama yaitu Learnbost
(LB) yang merupakan aplikasi system manajemen kelas online yang terdiri dari
sekelompok aplikasi untuk memanajemen kelas khusus atau bahkan seluruh
sekolah. Prestasi belajar merupakan aspek kecakapan yang telah dimiliki oleh
peserta didik sebagai hasil usaha dari kegiatan belajar yang ditempuh.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Tangerang,
penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi
schoology terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Tangerang.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kuantitatif yang
hasilnya diperoleh dari angket atau kuesioner yang disebarkan kepada responden
di kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota Tangerang, subjek penelitian ini adalah
kelas XI IPS, dari total populasi yang diambil 137 peserta didik, dengan jumlah
sampel sebanyak 50 peserta didik.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh aplikasi
schoology terhadap prestasi belajar di kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Kota
Tangerang yang sangat lemah. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil
koefisien korelasi rxy = 0,37 yang menunjukkan korelasi yang lemah antara
variabel X (aplikasi schoology) dan variabel Y (prestasi belajar). Dan juga dari
hasil perhitungan thitung yaitu 2,018 lebih besar dari ttabel yaitu 2,021. Dari hasil
penelitian dengan perhitungan aplikasi schoology terhadap prestasi belajar hanya
13,69% dan selebihnya 86,31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh aplikasi
schoology terhadap prestasi belajar ditolak dan dengan demikian Ho diterima
tidak terdapat pengaruh.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Irwan Halim
Pengarang Irwan Halim - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AI2007501 IRW p
Subyek Prestasi Belajar
Pendidikan Agama Islam
Aplikasi Schoology
Klasifikasi AI2007501
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Agama Islam
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xx + 133 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id