Pengaruh cafe atmosphere dan word of mouth terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel inerverning (studi kasus pada Selrasa Cafe dan Resto Kota Tangerang)
Selrasa Cafe dan Resto bergerak dalam bisnis kuliner food and beverage. Masalah
yang dihadapi yaitu terdapat beberapa komplain dari pelanggan mengenai cafe
atmosphere dan word of mouth pada Selrasa Cafe dan Resto, Kota Tangerang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah cafe atmosphere dan word of
mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang terhadap
pelanggan Selrasa Cafe dan Resto secara langsung maupun dengan kepuasan
pelanggan sebagai variabel mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan
Selrasa Cafe dan Resto yang sudah berkunjung minimal 2 kali. Pengambilan
sampel menggunakan non-probability sampling dengan penyebaran kuesioner
pada 140 responden. Model analisis dengan metode pendekatan Partial Least
Square dengan jenis Structural Equation Modeling (PLS-SEM), yang diolah
melalui program SmartPLS V.3. Hasil penelitian menunjukan bahwa cafe
atmosphere berpengaruh, tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ulang
dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang
pada Selrasa Cafe dan Resto. Sedangkan cafe atmosphere dan word of mouth
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, diketahui
kepuasan pelanggan terbukti memediasi cafe atmosphere dan word of mouth
terhadap keputusan pembelian ulang pada Selrasa Cafe dan Resto.
Detail Information