Pengaruh motivasi wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sosialisasi dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajb pajak dengan kesadaran wajb pajak sebagai variabel intervening (Studi Kasus Pada WPOP yang Terdaftar di KPP Pratama Kosambi)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi wajib pajak,
pengetahuan perpajakan, sosialisasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan
wajib pajak orang pribadi dengan kesadaran wajib pajak sebagai variabel
intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner ke responden kemudian diolah
dengan SPSS 22. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi
yang terdaftar di KPP Pratama Kosambi. Penelitian ini menggunakan purposive
sampling untuk teknik pengambilan sampelnya dengan jumlah sampel yang
diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t,
analisis jalur, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian yang dilakukan
menunjukan bahwa motivasi wajib pajak, pengetahuan perpajakan, kualitas
pelayanan dan kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib
pajak. Sedangkan sosialisasi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.
Kemudian motivasi wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sosialisasi berpengaruh
terhadap kesadaran wajib pajak. Tetapi kualitas pelayanan tidak berpengaruh
terhadap kesadaran wajib pajak. Selanjutnya kesadaran wajib pajak memediasi
antara pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib
pajak. Tetapi kesadaran wajib pajak tidak memediasi antara motivasi wajib pajak
dan sosialisasi terhadap kepatuhan wajib pajak.
Detail Information