Pengaruh persepsi konsumen desain produk dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk asi booster di aplikasi Tiktok Shop Indonesia
ASI eksklusif adalah pemberian ASI pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa
tambahan cairan ataupun makanan lain. Pemberian Air Susu Ibu (ASI) di
Indonesia masih tergolong rendah, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor
seperti kurangnya pemahaman ilmu tentang menyusui, kondisi kepada ibu yang
bekerja, tidak melaksanaan inisiasi menyusu dini (IMD), serta di perparah dengan
gencarnya iklan susu formula. Keadaan ini akan berdampak pada kualitas generasi
penerus bangsa dan juga perekonomian nasional. Tujuan dari penelitian yaitu
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi konsumen, desain
produk dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dan jumlah
sampel 140 responden. Data diambil dan disebarluaskan melalui kuesioner kepada
ibu menyusui dan pengguna produk asi booster. Analisis data menggunakan uji
PLS-SEM versi 4. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan dan
pengaruh antara persepsi konsumen,desain produk dan kualitas produk terhadap
minat beli konsumen pada produk ASI Booster di aplikasi platform TikTok Shop
di Indonesia. Produksi ASI yang sedikit atau tidak lancar menjadi salah satu
faktor utama dalam masalah pemberian ASI kepada bayinya, sehingga
menyebabkan rendahnya penurunan jumlah angka dalam pemberian ASI di
Indonesia. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai informasi kepada ibu dalam
memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan, serta dapat menambah pengetahuan ibu
tentang penggunaan produk ASI Booster dan mengarahkan ibu supaya tidak
memberikan susu formula terhadap bayi.
Detail Information