Nilai-nilai pendidikan berperilaku adil dalam Al-Qur'an Surat An-Nahl ayat 90 dan Surat Al-Maidah ayat 8
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan berperilaku adil dalam
al-qur‟an. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode
penelitian memberikan gambaran rancangan penelitian seperti, prosedur dan
langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, dan datadata yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu jenis library research (penelitian kepustakaan) dengan teknik
analisis deskriptif kualitatif, dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan
yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari
sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis. Hasil penelitian makna adil
menurut Al-Qur‟an istilah-istilah yang digunakan dan merujuk pada makna adil
yakni„adl, qisth, mizan, hiss, qasd, secara terminologis adil adalah menegaskan
suatu kebenaran terhadap dua masalah atau beberapa masalah untuk dipecahkan
sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh agama. Islam
mendefinisikann adil sebagai tidak mendzalimi dan tidak didzalimi. Pendidikan
berlaku adil dalam QS. Al-Maidah:8 dan QS. Al-Nahl: 90 adalah profesional dan
bertanggung jawab, taqwa sebagai tujuan pendidikan Islam, keadilan akses
pendidikan bagi laki-laki dan perempuan, keseimbangan keadilan dan kebaikan
dalam pendidikan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nila Khoerunnisa |
Pengarang |
Nila Khoerunnisa - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2000801 NIL n |
Subyek |
Nilai Mizan Prosedur Pendidikan Adil
|
Klasifikasi |
AI2000801 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi = 84 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|