Konsep pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina dan relevansinya terhadap pendidikan modern
Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji lebih dalam bagaimana
konsep pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina dan relevansinya terhadap
pendidikan modern. Yang bertujuan untuk agar dapat mengetahui bagaimana
konsep pendidikan perspektif Ibnu Sina dan mengetahui bagaimana konsep
relevansi konsep pendidikan Ibnu Sina tersebut dengan pendidikan modern.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaaan dengan metode
pengumpulan data studi dokumentasi serta metode analisis data analisis isi.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
teknik analisis mendalam yang hasilnya ditampilkan dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian ini antara lain: (1) Tujuan utama pendidikan dalam
pandangan Ibnu Sina adalah tercapainya insan kamil melalui pembinaan akhlak
serta pembekalan kompetensi yang dibutuhkan masyarakat. Ibnu Sina
mengklasifikasikan kurikulum berdasarkan jenjang usia peserta didik. Terdapat
beberapa metode pembelajaran dalam konsep pendidikan Ibnu Sina, di antaranya
metode talqin, demonstrasi, keteladanan dan pembiasaan, diskusi, magang,
penugasan, tarhib, dan targhib. Pendidik dalam pandangan Ibnu Sina haruslah
memiliki akhlak yang mulia, memiliki kepribadian yang tangguh, bertutur kata
yang baik, serta memiliki hati yang tulus sebagai sosok panutan; (2) Pemikiran
pendidikan Ibnu Sina tersebut relevan dengan pendidikan Islam pada aspek tujuan
pendidikan, aspek kurikulum, aspek metode, dan aspek guru atau pendidik.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Santi Suningsih |
Pengarang |
Santi Suningsih - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2000501 SAN k |
Subyek |
Pendidikan Islam Pendidikan Modern Ibnu Sina
|
Klasifikasi |
AI2000501 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|