Pengaruh corporate social responsibility (csr) agresivitas pelaporan keuangan dan pertumbuhan penjualan terhadap agresivitas pajak dengan pemilikan institusional sebagai variable moderasi pada peusahaan manufaktur yang terdaftar di bei periode 2017-2021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social
Responbility (CSR), Agresivitas Pelaporan Keuangan dan Pertumbuhan Penjualan
Terhadap Agresivitas Pajak dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel
Moderasi pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2017-2021. Jenis penelitian
ini adalah penelitian Kuantitatif dan data yang digunakan adalah data sekunder.
Populasi penelitian ini berjumlah 38 perusahaan dan diperoleh sampel penelitian
dengan menggunakan metode puposive sampling berjumlah 6 perusahaan. Metode
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan
menggunakan E-Views versi 10.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Agresivitas Pajak, Agresivitas Pelaporan Keuangan tidak berpengaruh terhadap
Agresivitas Pajak, Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap Agresivitas
Pajak. Hasil perkalian efek moderasi menunjukkan bahwa Kepemilikan
Institusional dapat memperlemah pengaruh antara Corporate Social Responsibility
(CSR) terhadap Agresivitas Pajak, Kepemilikan Institusional dapat memperkuat
pengaruh antara Agresivitas Pelaporan Keuangan terhadap Agresivitas Pajak, dan
Kepemilikan Institusional dapat memperkuat pengaruh antara Pertumbuhan
Penjulan terhadap Agresivitas Pajak.
Detail Information