Pengaruh kesadaran, pemahaman dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi di wilayah Metropolitan Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari: kesadaran wajib pajak terhadap
kepatuhan wajib pajak UMKM, pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM,
sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sosialisasi perpajakan memoderasi
kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sosialisasi perpajakan
memoderasi pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sosialisasi
perpajakan memoderasi sanski pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan
angket atau kuesioner yang disebarkan secara langsung dan secara online. Pengambilang
sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan jumlah populasi 22.593 pelaku
UMKM dan sampel sebanyak 100 sampel responden. Pengukuran skala dalam penelitian ini
menggunaka skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square
(PLS) yang berguna untuk melakukan perbandingan antara varibel dependen berganda dan
veriabel independent berganda dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable
pemahaman pajak, sanksi pajak, dan sosialisasi perpajakan memoderasi kesadaran wajib
pajak berpengaruh terhadap variabel kepatuhan wajib pajak. Kesadaran wajib pajak,
sosialisasi perpajakan memoderasi pemahaman pajak, dan sosialisasi perpajakan
memoderasi sanski pajak tidak dapat berpengaruh terhadap variabel kepatuhan wajib pajak.
Detail Information