Aplikasi nilai-nilai pendidikan pesantren mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Banten
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor penghambat dan
pendukung teraplikasikannya nilai-nilai pendidikan pesantren terhadap
meningkatnya angka kenakalan di Indonesia berdampak pada pengaplikasian
nilai-nilai pendidikan pesantren yang telah di miliki oleh para alumni pondok
pesantren. Bangku perkuliahan adalah tahapan lanjut sebagian besar alumni
pesantren yang melanjutkan program pendidikannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni suatu penelitian
yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa,
aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi pemikiran orang secara individual
maupun kelompok. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah
triangulasi (observasi, wawancara dan dokumentasi). Adapun sumber data yang
digunakan adalah data-data hasil wawancara dan analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor keluarga dan lingkungan dapat
berpengaruh terhadap teraplikasikannya nilai-nilai pendidikan pesantren di
kalangan mahasiswa. Dan konsistensi diri sendiri merupakan jawaban akan
keberlangsungan teraplikasikannya nilai-nilai pendidikan pesantren tersebut.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Siti Nur Fatimah |
Pengarang |
Siti Nur Fatimah - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AI2004401 SIT a |
Subyek |
Pendidikan Agama Islam Pendidikan Pesantren
|
Klasifikasi |
AI2004401 |
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Agama Islam |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xiii + 83 hlm.; 30 cm |
Info Detil Spesifik |
|