Penerapani e-government dalam pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang
Penelitianiiniiadalahipenelitianideskriptifidenganimenggunakanipendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan
dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang
Kepala Bagian Seksi pengolahan data dan informasi penanaman modal sebagai
informan kunci, 1 orang staf pengolahan data sebagai informan kunci, dan 3 orang
masyarakat yang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan
Terpadu (SIPINTER) sebagai informan kunci.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan E-Government dalam
Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu
(DPMPTSP) Kabupaten Tangerang dilihat dari dimensi bukti fisik (tangible),
kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) serta
empati (empathy) yaitu : (1) DPMPTSP Kabupaten Tangerang telah menyediakan
sarana dan prasarana seperti komputer/laptop, keyboard, mouse, server, jaringan
internet dan sumber daya aparatur yang berjumlah 3 orang sebagai tenaga ahli IT
dan sebagai administrator sistem. (2) dalam aspek reliability (kehandalan) bahwa
segi waktu dan ketepatan proses pelayanan perizinan online dengan menggunakan
aplikasi SIPINTER sudah cukup baik selama proses perizinan dapat dilihat oleh
pemohon di menu tracking system pada aspek reliability (kehandalan) ditemukan
hambatan seperti ketersediaan jaringan internet lambat, pemohon yang kurang
pemahaman dalam menggunakan komputer, tidak tersedia informasi apabila
terdapat perubahan persyaratan dan terdapat perizinan yang sudah dicantumkan
tetapi perizinan tersebut belum bisa dilakukan secara online. (3) aspek daya
tanggap (responsiveness) pegawai merespon setiap pengguna layanan yang ingin
mendapatkan pelayanan disediakannya fitur held desk didalamnya terdapat
tutorial dalam menggunakan aplikasi SIPINTER (4) dari aspek jaminan
(assurance) masyarakat mendapatkan jaminan atas perlindungan arsip data
pribadi dari ancaman atau penyalahgunaan pengaksesan data diluar keperluan
pelayanan perizinan online. (5) aspek empati (empathy) kesediaan pegawai dalam
memberikan informasi dan bersedia memberikan bantuan kepada masyarakat
dalam pelayanan.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Andriani Muslimah 1601010129 |
Pengarang |
Andriani Muslimah - Personal Name Irvan Arif Kurniawan - Personal Name Yusmedi Yusuf - Personal Name Pri Utami - Personal Name M Yusuf Leman - Personal Name
|
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
REF AN2012905 AND p |
Subyek |
Pelayanan Publik E-government
|
Klasifikasi |
AN2012905 |
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Ilmu Administrasi Negara |
Tahun Terbit |
2020 |
Tempat Terbit |
TANGERANG |
Deskripsi Fisik |
xvi + 95 hlm, ;30 cm |
Info Detil Spesifik |
Pembimbing 1 : Yusmedi Yusuf 410520123 / Pembimbing 2 : Irvan Arif Kurniawan 0411048801/ Penguji 1 : Yusmedi Yusuf 410520123 / Penguji 2 : M. Yusuf Leman 410530167 / Penguji 3 : Pri Utami 0405056806 |