Penerapan e-government dalam upaya memningkatkan kualitas pelayanan publik pada badan pertanahan nasional Kabuapaten Tangerang
Electronic Government diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi
dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif,
serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan e-government
dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Badan Pertanahan
Nasional Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pengukuran kualitas
pelayanan publik yang dikembangkan oleh Fadli (2020) yaitu: aspek bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dengan metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan egovernment dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam aspek bukti
fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sehingga penerapan egovernment pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tangerang memberikan
kemudahan pegawai maupun masyarakat dalam melakukan interaksi melalui
aplikasi maupun whatsapp. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang sudah
dilakukan dengan dua narasumber yang berasal dari dalam dan satu narasumber
yang berasal dari luar BPN Kabupaten Tangerang.
Kata Kunci: E-Government, Kualitas Pelayanan Publik, Badan Pertanahan
Nasional Kabupaten Tangerang
Detail Information