Detail Cantuman

Penerapan e-government dalam upaya memningkatkan kualitas pelayanan publik pada badan pertanahan nasional Kabuapaten Tangerang

Penerapan e-government dalam upaya memningkatkan kualitas pelayanan publik pada badan pertanahan nasional Kabuapaten Tangerang


Electronic Government diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi
dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif,
serta memberikan pelayanan yang transparan dan memuaskan kepada masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan e-government
dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Badan Pertanahan
Nasional Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pengukuran kualitas
pelayanan publik yang dikembangkan oleh Fadli (2020) yaitu: aspek bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dengan metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan
studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan egovernment dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam aspek bukti
fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sehingga penerapan egovernment pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tangerang memberikan
kemudahan pegawai maupun masyarakat dalam melakukan interaksi melalui
aplikasi maupun whatsapp. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang sudah
dilakukan dengan dua narasumber yang berasal dari dalam dan satu narasumber
yang berasal dari luar BPN Kabupaten Tangerang.
Kata Kunci: E-Government, Kualitas Pelayanan Publik, Badan Pertanahan
Nasional Kabupaten Tangerang


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Muhamad Ibnu Nazmi 1601010146
Pengarang Muhamad Ibnu Nazmi - Personal Name
Irvan Arif Kurniawan - Personal Name
Nanan Sujana - Personal Name
Ahmad Murodi - Personal Name
Ibrahim Rantau - Personal Name
Edisi Publish
No. Panggil REF AN2014605 MUH p
Subyek Kualitas Pelayanan Publik
E-government
Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tangerang
Klasifikasi AN2014605
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit TANGERANG
Deskripsi Fisik xiii + 74 hlm.; 30 cm
Info Detil Spesifik Pembimbing 1 : Nanan Sujana 0404046003 / Pembimbing 2 :Irvan Arif Kurniawan 0411048801 / Penguji 1 : Nanan Sujana 0404046003 / Penguji 2 : Ahmad Murodi / Penguji 3 : Ibrahim Rantau

 



Homepage Info

Selamat datang di
REPOSITORY UNIS Online Public Access Catalog (OPAC).
Gunakan OPAC untuk mencari koleksi pada Repository UNIS.

Media Sosial / Kanal

Instagram REPOSITORY UNIS Official

Address

Perpustakaan UNIS
Jln Syekh Yusuf No.10, RT.001/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Tangerang,
Banten 15118



E: library@unis.ac.id